Wkwk, Simbol Ketawa Yang Menjadi Indentitas Baru Indonesia

Wkwk adalah kata yang sekarang ini sudah bukan hal yang lumrah lagi untuk di dengar. Kata seperti itu mungkin sangat sering anda tulis dalam grup chat. Ekspresi tertawa itu bisa jadi salah satu ketikan paling populer di Indonesia untuk sekarang ini. Sosial media di zaman modern ini sangat berperan aktif dalam berbagai hal, contohnya saja seperti penyebaran kata wkwk. Akan tetapi apakah kalian tau darimana kata itu tercipta? Bagimana dia tercipta? Terus bagimana proses penyebarannya hingga bisa sampai sepopuler sekarang?

Jelas banyak dari kita yang belum mengetahuinya, nah untuk itu disini kami akan membahas darimana asal usul kata wkwk. Kata wkwk ini di Indonesia sangatlah terkenal. Kata ini biasanya digunakan untuk mengekspresikan dirinya bahwa ia merasa tertawa. Yang kita ketahui biasanya di luar negri menggunakan kalimat “LOL”.

Darimanakah Wkwk Berasal?

Menurut pernyataan seseorang di sebuah forum diskusi, wkwk berasal dari komunitas game online. Awalnya para gamer lebih suka menggunakan kata Gua dari pada Saya. Lambat laun, kata Gua diganti dengan gw. Ini terjadi karena gw lebih cepat untuk diketik.

Sama seperti gua menjadi gw, huruf u yang ada di huehue dan huahua diubah menjadi w. Hasilnya, pemain memilih menggunakan kata hwhwhw. Kemudian kata hwhwhw diubah lagi menjadi wkwk sebagai simbol tertawa. Ini terjadi karena alasan lebih mudah ketika diketik.

Para gamer tak perlu menggerakkan tangan kiri untuk mengetik w dan tak perlu menggerakkan tangan kanan untuk mengetik k. Simplenya, mereka hanya ingin semua menjadi sesederhana mungkin. Jadi mereka menggunakkan wkwk yang dianggap mudah diketik. Wkwk menyebar ke dunia dan tidak hanya digunakkan oleh gamer, para netizen pun menggunakannya.

Dari data yang didapatkan di Indogamers, melalui permainan DotA Indogamers, banyak sekali jenis ekspresi tertawa yang diberikan oleh gamer. Beberapa contohnya saja seperti “huahua” atau “huehue”. Tertawa seperti ini lebih seru dibandingkan dengan hanya tertawa “haha” biasa. Sama seperti wkwk, ini ungkapan bahwa gamer tersebut sedang tertawa terbahak-bahak. Bahkan tidak hanya itu saja, ada yang mengungkapkannya dengan “wokwokwok” atau ada yang lebih parah lagi dengan “owakowakokwak”.

Wkwk sendiri adalah yang paling simpel untuk digunakan dalam bermain game. Selain karena hanya menggunakan 2 karakter saja, gamer tentu tidak akan pernah terganggu saat sedang di dalam pertandingan karena dapat mengetiknya dengan cepat. Selain wkwk, sebenarnya ada juga pilihan gamer yaitu “wakakak”. Tapi karena wkwk dianggap yang paling simpel dan paling lucu, maka ini yang paling sering digunakan.

Kebiasaan gamer inilah yang akhirnya terbawa ke dalam kehidupan sehari-hari dan penyebarannya pun mulai tersebar melalui SMS, aplikasi chatting, hingga sosial media. Dari sinilah kata wkwk pun akhirnya menjadi besar dan mewakilkan tertawa seperti LOL pada Laugh out Loud.

Lalu, Bagaimana Dengan Wkwk Land Yang Menjadi Sebutan Baru di Indonesia? Media sosial memang selalu memberikan kisah tersendiri, dari kisah percintaan, persahabatan, perdebatan soal pandangan politik, sampai kisah humor yang menghibur. Seperti yang baru-baru ini terjadi, di media sosial sedang hangat menyebut negara Indonesia sebagai “Wkwkwk Land”. Sebenarnya istilah wkwkwk land buat menyebutkan Indonesia sudah jauh-jauh hari ramai diperbincangkan para netizen internasional. Khususnya di akun-akun meme luar negeri seperti 9GAG yang banyak mengangkat tema ini.

Wkwkwk land baru mulai ramai diperbincangkan di dalam negeri setelah video pesulap Demian, muncul di akun youtube America Go Talent. Dalam video tersebut banyak orang luar negeri yang mengapresiasi penampilan Demian, namun sayangnya justru netizen Indonesia yang mencibir, mengatakan jika triknya simple, bahkan ada yang membongkar trik sulap Demian.

Namun disela-sela panasnya perbincangan antara yang pro dan yang kontra di video sulap tersebut, komentar lucu justru hadir dari para netizen luar negeri. Banyak yang kagum terhadap demian dan mengatakan jika Demian berasal dari Wkwkwk Land atau Indonesia. Melihat hal tersebut netizen dalam negeri ramai membicarakan Wwkwk Land sebagai sebutan Indonesia di mata netizen Internasional.

Indonesia, kemudian disebut oleh netizen internasional sebagai Wkwkwk land karena diambil dari model tertawa orang Indonesia saat di media sosial, atau saat chatingan. Mungkin sebagian dari kita juga ada yang pernah menunjukan tertawa dengan tulisan Wkwkwkw? Mungkin bagi kita itu hal biasa, namun bagi netizen internasional itu hal yang aneh bahkan menggelikan.

Sama halnya seperti kita mengetahui jika orang Nigeria menuliskan “LWKMD” untuk menunjukan jika ia tertawa, atau orang Brasil menuliskan “rsrsrsrs” untuk mewakili tertawa mereka di media sosial atau saat chatingan. Terdengar aneh bukan? Begitupun dengan Wkwkwk bagi netizen internasional.

Benarkah sekarang ini indentitas Indonesia dikenal dengan sebutan Wkwk Land? 

Jika selama ini Indonesia di kenal di masyarakat dunia dengan keindahan pantai di Bali nya, keunikan ragam budayanya, keramah tamahan masyarakatnya, atau kekayaan alam dan flora dan faunanya yang membuat para warga mancanegara kagum kagum dengan Indonesia. Namun kini ada hal baru yang menjadi identik dengan Indonesia di mata warga dunia, yaitu Wkwkwkwk Land.

Wkwkwk land disebut identitas baru bagi negara Indonesia di mata netizen dunia sebab kata Wkwkwk Land memang merujuk pada Indonesia. Sama halnya dengan Om telolet om, mungkin jika kamu berada di luar negeri terus ditanya asal negara, kamu cukup bilang Om telolet om atau wkwkwkwk Land, mereka akan tahu jika kamu berasal dari Indonesia.

Tiap Negara Memiliki Ekspresi Tertawa Yang Berbeda

Saat ini banyak negara yang menggunakan kata-kata tertentu untuk mewakili ekspersi tertawa. Jika di Indonesia menggunakan Wkwkwkwk, di Brasil menggunakan rsrsrsrs dan Nigeria menggunakan LWKMD, di beberapa negara lain juga memiliki bentuk tertawa sendiri.

Di Italia, orang biasanya menuliskan “ah ah ah” untuk menunjukan jika ia tertawa, di Perancis orang akan menuliskan “mdr” sebagai bentuk tertawa yang merupakan singkatan dari Mort De Rire atau tertawa sampai mati. Yang tidak kalah uniknya adalah Thailand yang memiliki ekspresi tertawa di dunia online juga punya ciri khas lain. Mereka menggunakan angka 5 untuk menunjukkan ekspresi ngakak.

Angka 5 dalam bahasa Thailand diucapkan ‘haa’ yang terdengar seperti ‘ha’. Maka dari itu, orang Thailand menggunakan angka 5 sebagai ekspresi ‘haha’ atau tertawa. Mereka akan menggunakan banyak angka 5 untuk menunjukkan seberapa keras mereka tertawa. Beberapa bahkan menggunakan tanda plus (+) 55555555+ yang menunjukkan mereka benar-benar ngakak Sedangkan di Amerika banyak yang menggunakan kata LOL (Laughing Out Loud) untuk menunjukan tertawa.

Semoga artikel yang dibagikan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua ya. Selamat berkunjung kembali.