Sudah Makan Banyak Tapi Tetap Kurus? Mari Kenali Penyebabnya

Membanding-bandingkan bentuk tubuh kita dengan bentuk tubuh orang lain memang merupakan hal lumrah yang sering dilakukan. Mungkin hal tersebut dilakukan karena adanya faktor ketidakpuasaan atas bentuk tubuh yang kita miliki. Rasa-rasanya wajar saja bila kita beranggapan seperti itu. Lagian, siapa coba yang senang dengan bentuk tubuh yang terlalu gemuk atau bentuk tubuh yang terlalu kurus, tidak ada bukan?

Nah, ngomongin bentuk badan, pernah gak sih kalian lihat orang yang makannya banyak tapi tetap kurus? Jelas saja pernah dan sering membuat kalian yang memiliki bentuk badan terlalu gemuk menjadi iri bukan? Eitss, jangan merasa iri guys, bisa jadi mereka yang berbadan kurus juga merasa resah dan sudah berupaya keras untuk membuat badannya menjadi lebih ideal lagi, akan tetapi mungkin saja semua yang dilakukan sia-sia. Nah, pasti kalian heran dong kenapa badannya gak bisa gemuk, padahal makannya sudah banyak? Katanya sih bentuk badan itu bisa disebabkan oleh faktor genetika lho.

Tubuh berisi dan ideal memang menjadi dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Badan disebut proporsional, apabila badan tersebut tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Memiliki badan kurus akan rentan terhadap penyakit, mengurangi rasa percaya diri bahkan menjadi bahan ejekan teman. Oleh karena itu, Jika anda memiliki tubuh kecil, kurus harus segera diatasi. Lantas, apa yang menyebabkan seseorang sulit untuk gemuk dan faktor genetika seperti apa yang dialaminya? Begini penjelasan lebih lanjutnya.

Faktor Yang Menyebabkan Seseorang Kesulitan Untuk Gemuk

Bahaya memiliki badan yang terlalu kurus memang jarang dibahas karena informasi kesehatan hanya memberitahukan tentang bahaya obesitas atau kegemukan. Padahal sama halnya dengan badan gemuk, ternyata berat badan kurang atau di bawah angka normal juga memiliki bahaya pada kesehatan. Diantaranya bahaya badan kurus yaitu, penyakit paru-paru, penyakit gagal jantung atau kardiovaskular dan lain-lain.

Beberapa faktor yang berkaitan dengan badan kurus antara lain karena asupan gizi yang tidak seimbang dan tidak sehat, penggunaan narkoba, mengkonsumsi alkohol secara terus menerus, merokok dan gangguan mental seperti anoreksia atau bulimia dan masih banyak lagi. Ada banyak faktor yang berkaitan dengan seseorang mengalami badan kurus dan susah gemuk. Berikut ini adalah informasi lengkap penyebab badan terlalu kurus, yaitu:

Jarang Berolahraga

Jarang olahraga merupakan salah satu penyebab badan kurus dan susah gemuk yang di alami banyak orang. Mungkin sepengetahuan anda orang yang tidak pernah olahraga akan memiliki badan gemuk, namun sebenarnya orang yang badannya kurus juga bisa di akibatkan karena jarang olaharaga. Hal ini disebabkan otot- otot yang ada ditubuh tidak pernah dilakukan aktivitas.

Begadang

Di Indonesia sendiri salah satu penyebab orang memiliki badan kurus kerempeng yaitu karena begadang, menurut penelitian jika seseorang melakukan kegiatan begadang maka enzim yang ada dalam tubuh tidak bisa berjalan dengan baik dan inilah yang menjadi pemicu badan menjadi kurus.

Kekurangan Nutrisi

Selain kekurangan gizi seimbang, kekurangan nutrisi merupakan salah satu faktor penyebab badan kurus dan susah gemuk. Meskipun banyak kasus yang terjadi, seseorang banyak makan tapi badannya kurus. Makan banyak tidak menjadikan terhindar dari keadaan kurus, karena makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi kandungan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Bagi anda yang menginginkan berat badan ideal maka konsumsilah makan yang memiliki kadar nutrisi yang baik dan cukup.

Defisiensi Mineral

Defisiensi mineral atau kekurangan air mineral merupakan salah satu penyebab badan kurus dan susah gemuk. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, asupan air yang ada ditubuh kita harus selalu dipenuhi. Jadi bagi orang yang tubuhnya kekurangan air, sudah dipastikan orang tersebut memiliki badadn yang kurus kering dan ntuk mengatasi hal ini, minumlah 8-10 air setiap hari.

Keturunan (Genetis)

Faktor keturunan juga bisa menjadikan orang itu kurus. Penyebab badan kurus karena keturunan ini tidak bisa diatasi dengan cara apa pun. Seorang anak akan cenderung memiliki tubuh kecil dan kurus, jika kedua atau salah satu dari orang tuanya memiliki perawakan kurus juga.

Tipe Tubuh Manusia

Tiga tipe tubuh manusia terdiri dari ectomorph, mesomorph dan endomorph. Tipe tubuh ini akan sangat mempengaruhi dalam metabolisme tubuh dalam mengolah makanan, sehingga sangat berpengaruh pada bentuk tubuh dan berat badan seseorang. Dari ketiga tipe tubuh ini maka akan mudah terlihat kenapa ada orang yang banyak makan namun tetap kurus? Kenapa ada yang sedikit makan namun mudah gemuk, tetapi ada yang mau makan banyak atau sedikit tetapi bentuk badan tetap bagus dan berat badan tetap ideal. Berikut ini adalah beberapa tipe tubuh manusia:

  • Ectomorph

Ciri dari tubuh ectomorph diantaranya berbadan kurus, massa otot kecil, berat badan sulit naik walaupun memakan banyak kalori. Ciri lain dari ectomorph yakni memiliki ukuran pinggang yang kecil begitu juga dengan lebar bahu.

Tipe tubuh ectomorph butuh kerja keras dan kesabaran untuk menaikkan berat badan atau untuk membentuk tubuh yang ideal, diantaranya dengan rutin latihan angkat beban untuk meningkatkan massa otot. Tipe ectomorph hanya bias meningkatkan berat badan dengan cara meningkatkan massa otot dengan latihan angkat beban. Setelah terbentuk, tipe tubuh ini tetap harus menjaga bentuk tubuh dengan cara tetap rutin berlatih angkat beban dan diseimbangkan dengan tetap menjaga nutrisi makanan.

Tipe ectomorph termasuk tubuh dengan metabolisme tinggi sehingga mudah untuk membakar apa saja makanan yang dimakan, sangat mudah untuk menurunkan berat badan walaupun makan banyak karena tubuh ectomorph tidak menyimpan lemak dalam tubuh.

  • Endomorph

Ciri dari tubuh endomorph diantaranya bentuk badan yang bulat, gemuk, besar, berat badan sangat mudah naik namun sulit untuk diturunkan. Tubuh endomorph memiliki kandungan lemak yang tinggi dalam tubuh karena endomorph dapat menyimpan lemak dalam jumlah besar dalam tubuh. Ukuran paha dan pinggang tubuh endomorph cenderung lebih lebar.

Endomorph memiliki metabolism tubuh yang rendah sehingga berat badan mudah naik walau hanya makan sedikit makanan. Untuk membentuk tubuh yang ideal maka tipe endomorph harus diet sehat yang mengutamakan puasa dan berolah raga angkat beban karena dapat membakar kalori lebih banyak dan lebih cepat dari pada olah raga aerobic biasa.

  • Mesomorph

Ciri dari tubuh mesomorph adalah berat badan yang ideal sesuai dengan tinggi badan, tidak gemuk namun tidak juga kurus. Type tubuh mesomorph merupakan type tubuh ideal yang mudah untuk dibentuk menjadi atletis secara ideal.

Tipe tubuh mesomorph cenderung sudah berotot walaupun tidak melakukan olah raga khusus seperti angkat beban, namun definisi otot tubuh mesomorph sudah terbentuk secara alami. Type tubuh ini sangat mudah untuk dibentuk karena keseimbangan metabolisme tubuhnya.

Kondisi Medis Yang Mempengaruhi Naiknya Berat Badan

Berat badan adalah salah satu indikator untuk melihat apakah seseorang sehat atau tidak. Berat badan juga menentukan status gizi seseorang. Oleh karena itu, jangan remehkan jika berat badan anda turun ataupun naik dengan tiba-tiba.

Nah, jika anda mengalami penurunan berat badan sebesar 5% dari berat badan anda yang sebelumnya dalam rentang waktu 6 bulan, maka anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Hal tersebut mungkin saja menunjukkan bahwa anda sedang mengalami kondisi medis atau masalah kesehatan yang membuat berat badan anda turun dan tidak kembali normal. Apa saja kondisi medis atau gangguan kesehatan yang memicu berat badan turun secara drastis dan tak bisa gemuk lagi??

Keganasan

Keganasan juga dapat menyebabkan penurunan berat badan. Keganasan adalah pertumbuhan yang tidak terkontrol dari sebuah sel. Pertumbuhan tidak terkontrol ini dapat menyebar dan menyebabkan gangguan pada berbagai organ tubuh yang lain, seperti gangguan pada tulang, hati atau paru.

Gejala dari keganasan tergantung dari sel yang terlibat. Salah satu contoh keganasan adalah keganasan getah bening. Keganasan tipe ini akan menyebabkan seorang pasien mengeluh cepat lelah, adanya benjolan di tubuh dan mudah terkena infeksi. Oleh karena itu perlu mewaspadai tanda benjolan yang muncul yang diiringi sulit gemuk atau lebih jauh cermati gejala infeksi lainnya.

Kanker

Saat sel kanker tumbuh pada suatu jaringan tubuh, sel tersebut tidak hanya akan merusak jaringan saja tetapi juga memakan semua makanan yang seharusnya diterima oleh jaringan itu. Pertumbuhan sel kanker yang sangat cepat, membuat sel kanker ‘lapar’ setiap saat.

Oleh karena itu tidak jarang pasien kanker yang tidak melakukan pengobatan lebih banyak yang mengalami kekurangan berat badan dan tidak dapat menaikkan berat badannya. Hal ini harus ditangani dengan cara melakukan pengobatan kanker untuk mematikan sel kanker yang sedang tumbuh tersebut.

Depresi

Tidak hanya masalah pada kesehatan fisik saja yang membuat berat badan anda turun dan kemudian bertahan pada angka tersebut. tetapi gangguan kesehatan mental, seperti depresi juga mempengaruhi berat badan seseorang. Saat anda merasa depresi dan tertekan karena sesuatu hal, maka tubuh akan secara alami melakukan berbagai respon melalui perubahan fungsi tubuh.

Salah satu respon yang bisa menyebabkan penurunan berat badan secara drastis adalah perubahan hormon yang menyebabkan seseorang menjadi tidak nafsu makan dan metabolisme menjadi terganggu dan melambat sehingga menyebabkan zat gizi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi.

Gangguan Kelenjar Tiroid

Hipertiroidisme dan hipotiroidisme adalah gangguan yang paling sering terjadi pada kelenjar tiroid. Hipertiroidisme adalah kondisi di mana kelenjar tiroid terlalu aktif, sehingga menghasilkan hormon tiroksin terlalu banyak. Jumlah hormon tiroksin yang terlalu banyak ini dapat mengganggu kecepatan metabolisme dalam tubuh dan kemudian berdampak pada penurunan berat badan.

Sebaliknya pada hipotiroidisme, justru kelenjar tiroid tidak bekerja dengan baik dan memproduksi hormon tiroksin dalam jumlah yang sedikit sehingga metabolisme tubuh secara keseluruhan terganggu dan mengakibatkan penurunan berat badan yang siginifikan.

Malnutrisi

Malnutrisi adalah kondisi di mana seseorang mengalami kekurangan suatu zat gizi. Apabila anda tidak memperhatikan pemilihan serta pengaturan makan anda, maka bukan tidak mungkin anda bisa mengalami malnutrisi.

Kekurangan suatu zat gizi ini terjadi ketika tubuh tidak bisa menyerap beberapa zat gizi yang masuk ke dalam tubuh dan hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti pola makan yang tidak sehat, gangguan pada sistem pencernaan, serta baru saja menjalani suatu operasi.

Cara Mengatasi Badan Kurus Agar Gemuk

Salah satu hal yang bisa mengakibatkan orang sulit gemuk ialah jadwal makan yang tidak teratur dan gaya hidup yang tidak sehat. Makan merupakan cara agar kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuh kita tercukupi, jadi pastikan waktu makan anda diatur sebaik mungkin. Jangan sembarangan, apalagi sampai melewatkannya. Sebab, apabila waktu makan anda ditunda atau dilewatkan sama halnya dengan menghambat nutrisi dan kebutuhan gizi tubuh.

Sulit gemuk juga bisa disebabkan oleh kekurangan kalori. Hal ini mungkin sering membuat orang keheranan. Pasalnya ada seseorang yang terbiasa makan dengan porsi banyak namun tubuhnya tetap kurus. Penyebabnya adalah karena kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak memenuhi jumlah kalori yang dibutuhkan. Jadi apabila anda ingin menggemukkan badan, konsumsilah makanan dengan jumlah kalori yang melebihi kebutuhan kalori anda. Namun anda juga harus ingat kalau kalori yang dikonsumsi tidak melebihi ambang batas.

Adapun gaya hidup tidak sehat yang dimaksud ialah kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman berkafein, minuman alkohol dan makanan cepat saji. Merokok dan kebiasaan meminum minuman berkafein bisa menurunkan nafsu makan, sehingga sangat berpotensi membuat tubuh anda kurus kering. Adapun minuman beralkohol dan makanan cepat saji merupakan bagian gaya hidup tidak sehat yang harus dihindari karena berpotensi memicu berbagai penyakit yang menyerang kesehatan.

Wah, ternyata begitu kompleksnya ya masalah badan kurus kering ini? Maka dari itu diperlukan cara menggemukkan badan yang kurus kering yang terbukti efektif dan aman bagi anda. Berikut ini adalah cara menggemukkan badan yang kurus kering paling efektif dan recommended banget buat dicoba:

Rutin Berolahraga

Olahraga dianggap sebagai aktifitas fisik yang ideal untuk menurunkan berat badan. Namun olahraga juga bermanfaat untuk menaikkan berat badan. Olahraga dapat meningkatkan nafsu makan sehingga tubuh akan mendapatkan asupan kalori yang lebih banyak.

Beberapa olahraga yang bisa anda lakukan ialah jogging, renang, aerobik dan badminton. Selain bisa membakar lemak, olahraga diatas juga dapat meningkatkan masa otot.

Konsumsi Beberapa Kelompok Jenis Makanan Sekaligus

Variasikan makanan anda dan buatlah menjadi berwarna dengan aneka macam sayuran. Kelompokkan beberapa jenis makanan sekaligus seperti nasi, protein dan sayuran sekali makan. Variasi makanan seperti ini akan memberi anda lebih banyak nutrisi ketimbang makanan banyak tapi dengan jenis yang sedikit. Cara ini juga dapat menggemukkan badan secara sehat dan bebas dari kegemukan.

Konsumsi Makanan Sehat Yang Bernutrisi Tinggi

Cara menggemukkan badan yang kurus kering paling utama ialah memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh anda. Untuk metode ini, anda disarankan menambah frekuensi makan dengan porsi lebih sedikit. Misalnya anda makan sebanyak 5-6 kali dalam sehari namun porsinya hanya setengah piring kecil saja.

Metode ini lebih efektif dibanding anda makan dengan porsi banyak dalam sekali waktu. Hindari juga mengkonsumsi makanan berkolestrol dan lemak tinggi, alih-alih ingin mendapatkan tubuh gemuk, anda justru diintai oleh berbagai macam penyakit. Imbangi pola makan anda dengan buah-buahan. Perbanyak konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna yang baik untuk tubuh anda.

Hindari Begadang

Apabila anda benar-benar ingin menggemukkan badan, lebih baik tinggalkan kebiasaan ini mulai dari sekarang. Begadang akan menyita waktu istirahat yang seharusnya dipenuhi, agar tubuh dan pikiran anda kembali fresh di pagi hari. Waktu tidur yang harus dipenuhi berkisar 6-8 jam setiap hari. Begadang akan memperburuk kesehatan anda. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih sering begadang beresiko terkena kanker dan tumor yang mematikan.

Makan Sebelum Tidur

Meski terjadi kontroversi tentang boleh tidaknya makan sebelum tidur, para ahli sepakat jika anda merasa lapar atau ingin makan saat memasuki jam tidur maka konsumsilah makanan ringan seperti buah-buahan, sayuran, salad dengan gandum murni, protein nabati atau keju organik.

Saat tidur, tubuh memasuki fase tenang dimana sel-sel akan mengalami regenerasi. Mengonsumsi makanan sehat sebelum tidur akan membantu proses regenerasi tersebut terjadi secara sempurna.

Nah, itulah cara untuk mengatasi badan kurus dan susah gemuk. Penting juga untuk anda ketahui, mengatasi badan kurus sangat penting. Badan kurus akan menyebabkan banyak masalah kesehatan. Dengan keadaan badan yang terlalu kurus seseorang akan mudah terkena risiko penyakit. Berikut ini adalah jenis penyakit yang dapat menyerang orang yang memiliki badan terlalu kurus yaitu, risiko patah tulang, gangguan jantung, depresi, risiko keguguran pada ibu hamil dan penyakit paru-paru. Maka jika anda memiliki berat badan kurang atau badan yang kurus maka segeralah untuk diatasi dengan cara tersebut di atas. Demikianlah pembahasan tentang penyebab badan kurus susah gemuk dan cara mengatasinya.