Seperti Emas, Ternyata Inilah Bahan Asli Uang logam 500 Tahun 1991

Sebagai nilai tukar, banyak orang yang sangat memburunya untuk dikumpulkan menjadi pundo-pundi kekayaan. Mungkin dulu kita tau bersama bahwa, orang jaman dulu itu membeli sesuatu yang ia inginkan dengan cara membarternya dengan barang yang ia punya. Misalnya beras ditukar dengan sayur mayur yang segar dan masih banyak lainnya.

Nah, karena kehidupan semakin berkembang, kini orang-orang nggak perlu lagi yang namanya, menukarkan barang mereka demi mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Kini orang-orang telah menggunakan uang sebagai alat tukar untuk membeli sesuatu dan mendapatkan sesuatu.

Bahkan kini Indonesia baru resmi meluncurkan 11 desain baru rupiah yang terdiri dari 7 pecahan uang kertas dan 4 pecahan uang logam. Rupiah kertas yang diterbitkan terdiri dari nominal Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sementara rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200 dan Rp 100.

Desain uang baru ini sejalan dengan rencana BI menerbitkan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hampir semua wajah pahlawan di uang tunai berganti, kecuali pecahan Rp 100.000.

Bicara soal uang, sebelum resminya keluar desain uang baru ini, pastinya kalian masih ingat dengan desain salah satu uang nominal 500 rupiah tahun 1991 kan? Iya lho yang desainnya seperti mengandung emas gitu? Bahkan dulu sempat heboh lantaran isu bahwa uang logam yang satu ini mengandung emas, sehingga orang banyak yang berbondong-bondong mengubah uang koin tersebut menjadi bentuk cincin. Bahkan kala itu, ada tukang perhiasan berkeliling menawarkan jasa pembuatan cincin dari uang bergambar bunga melati itu.

Walau sudah puluhan tahun berlalu semenjak digunakannya uang ini, namun masih banyak masyarakat yang masih penasaran terhadap isi yang terkandung dari uang logam 500 rupiah ini. Nah, kira-kira bahan apa sih yang dijadikan untuk membuat uang legendaris ini, dari pada penasaran, yuk kita simak sama-sama.

Disebut-Sebut Mengandung Emas, Ternyata?

Biaya produksi sebuah uang koin meliputi kandungan nilai bahan baku dan teknologi (nilai interinsik) harus lebih rendah dari nominal yang tertera pada uangnya. Misal, sebuah uang koin Rp 500 pasti diproduksi dengan menghabiskan biaya kurang dari Rp 500. Hal ini dijelaskan oleh Kepala Departemen Cetak Uang Logam dan Logam Non Uang Peruri pada 29 Mei 2013 silam. Berdasarkan kenyataan ini, mungkinkah uang koin 500 keluaran tahun 1991 mengandung emas? Tentu tidak mungkin. Sebab harga emas yang mahal jelas tidak memenuhi syarat untuk produksi uang tersebut.

Ternyata Bahan Ini Bahan Yang Sebenarnya

Bahan ini lah yang membuat uang logam 500 tahun 1991 tampak seperti mengandung emas, karena warnanya kuning cemerlang yang tak kunjung pudar meski telah bertahun-tahun. Maka tak heran jika banyak orang yang menyangka ada kandungan emas di uang logam ini. Namun ternyata, pemerintah menggunakan alumunium brown sebagai bahan pembuatan uang tersebut. Sifatnya yang tak mudah berubah warna membuat logam ini disangka sebagai emas sungguhan.

Umumnya Uang Logam Terbuat dari Alumunium

Seperti yang dapat kita lihat, umumnya kebanyakan uang koin rupiah dicetak dari logam alumunium, nikel dan kuningan. Namun yang paling banyak digunakan biasanya adalah alumunium. Sebab di Indonesia sendiri keberadaan logam sangatlah melimpah dan selain itu juga harganya lebih murah. Termasuk uang logam Rp 500 yang juga dibuat dari bahan dasar alumunium brown.

Uang Indonesia Yang Benar Ada Kandungan Emasnya

Jika sudah terbukti bahwa uang logam 500 rupiah tahun 1991 itu tidak mengandung emas, melainkan mengandung alumunium brown. Ternyata sebenarnya ada lho uang koin Indonesia yang benar-benar mengandung emas. Kira-kira gimana bentuknya ya? Yuk kita simak sama-sama:

Uang-uang koin tersebut memang sengaja dibuat pemerintah namun hanya sebagai koleksi BI. Tentu uang-uang tersebut tidak disebarkan secara luas dan juga diproduksi secara terbatas.

Uang logam emas memiliki beberapa seri di antaranya seri 25 tahun Kemerdekaan RI, seri perjuangan angkatan 45, seri save the children, seri cagar alam, seri children of the world, seri 50 tahun kemerdekaan RI dan seri 10 tahun pemimpin RI. Bahkan uang-uang koin tersebut ada yang memiliki kandungan emas hingga mencapai 99,99%. Nominal yang tertera pun beragam mulai dari Rp 5000 sampai Rp 850000.

Nah, sekarang sudah makin nambah ilmu dong guys? Bahwa sebenarnya uang logam 500 rupiah keluaran tahun 1991 itu bukan mengandung emas melainkan alumunium brown sehingga terkesan seperti ada kandungan emasnya gitu, hehe. Nah, kamu dulu termasuk orang yang percaya atau tidak terhadap isu ini?