Makanan Terkenal Yang Dibuat Karena Ketidaksengajaan

Buat kamu yang hobi masak, pasti sering sekali melakukan eksperimen dengan bahan-bahan makanan yang kamu punya untuk membuat suatu kreasi baru, mencampurkan bahan A dengan bahan B menjadi satu, tapi tak jarang kreasi yang kalian lakukan justru malah gagal dan jadinya tak sesuai dengan yang diharapkan. Tapi siapa yang menduga jika makanan yang gagal tersebut justru memiliki rasa yang enak.

Begitu pula sama seperti beberapa makanan populer, yang awalnya merupakan percobaan yang gagal dan kini justru menjadi makanan yang terkenal didunia.

Berkut ini adalah makanan yang tercipta dari ketidaksengajaan:

Tahu

Seperti yang kita ketahui bahwa tahu sudah ada sejak jaman dahulu dan ternyata makanan yang terkenal ini terbuat karena ketidaksengajaan loh guys. Dahulu orang-orang Tiongkok kuno sering memasak sari kedelai namun satu hari ketika mereka memasak sari kedelai itu, tanpa di sengaja, mereka menjatuhkan garam laut murni yang mengandung kalsium dan magnesium ke dalam adonannya. Akhirnya terbentuklah tekstur semi padat yang kemudian menjadi cikal-bakal dari tahu.

Keripik Kentang

Keripik kentang, mungkin semua orang pasti menyukai cemilan yang satu ini, paling enak jika menjadi teman nonton tv, apa lagi sambil nonton drama Korea, duhh baper sambil nguyah-ngunyah itu enak loh! Pada awalnya keripik kentang di temukan oleh seorang chef bernama George Crum pada tahun 1853. Karena banyak pengunjung restorannya yang mengeluhkan potongan kentang yang terlalu tebal. Jadi, ia memotong tipis-tipis kentang yang ada di dapurnya, menggoreng, dan menggaraminya.

Kemudian ia menyajikannya kepada para tamunya. Ternyata para tamu sangat menyukainya, hingga akhirnya keripik kentang Crum tersebar di seluruh negeri.

Coca Cola

Minuman bersoda yang terkenal di banyak negara ini, ternyata juga tercipta dari ketidaksengajaan akibat eksperimen yang ia lakukan lho guys! Minuman ini di buat oleh seorang veteran yang kecanduan morfin, yaitu Joh Pemberton. Ia ingin mengubah kebiasaan buruk konsumsi morfin dan menggantinya dengan hal lain.

Dengan serangkaian eksperimen, akhirnya ia berhasil menciptakan air tonik yang merupakan bakal formula Coca Cola. Awalnya ia mencampurkan air tonik itu dengan sedikit kokain. Di tahun 1887, seorang apoteker bernama Asa Candler membeli formula Coca Cola itu dari Pemberton dan dengan berbagai perubahan, Candler berhasil membuat Coca Cola sebagai minuman terpopuler di dunia hingga kini.

Chocochip Cookies

Biskuit dengan kepingan cokelat ini diciptakan oleh seorang wanita bernama Ruth Wakefield. Di tahun 1930, Wakefiels kehabisan baking chocolate di dapurnya. Kemudian, ia melihat ada sepotong cokelat batangan di dekatnya dan menghancurkannya menjadi kepingan-kepingan kecil, dan dimasukkannya ke dalam adonan biskuitnya. Ternyata setelah dipanggang, hasilnya sangat enak. Itulah awal mula terciptanya chocochip cookies.

Kismis

Diyakini bahwa manusia pertama kali menemukan kismis ketika mereka menemukan sebuah tanaman anggur menjadi kering. Masih diperdebatkan kapan sebenarnya masa penemuan ini, namun penanaman pertama anggur yang sengaja dikeringkan secara komersial pada tahun 1873 di California.

Dua tahun kemudian, William Thompson memperkenalkan kismis berkulit tipis dengan rasa manis yang dikenal sebagai anggur tanpa biji anggur Thompson yang menjadi dasar bagi penciptaan kismis.

Yogurt

Diyakini, yoghurt mulai berkembang pada saat hewan penghasil susu mulai dipelihara, sekitar 5.000 SM lalu. Untuk mengangkut susu hewani, susu sering ditempatkan dalam karung yang terbuat dari perut binatang. Diyakini bahwa bakteri serta keasaman dari lapisan perut mendorong susu terkoagulasi, yang menjadi cikal bakal terbentuknya yogurt.

Popsicles

Camilan dingin dan manis ini tanpa sengaja diciptakan oleh seorang anak. Pada 1905 seorang bocah 11 tahun, Frank Epperson,meninggalkan stik untuk mengaduk secangkir minuman campuran bubuk soda dan air di terasnya. Keesokan harinya, minuman campuran ini membeku. Orangtua Frank, Epperson, menemukan minuman ini dan memberinya nama “Epsicle.”

Anak-anaknya justru menyebut Popsicle untuk menyebut es lollipop beku. Pada tahun 1923, Epperson menjual hak paten untuk Popsicle® dan kini perusahaan telah menjual 2 miliar es pop setiap tahunnya dimana cherry menjadi rasa yang paling populer di kalangan konsumen.

Bir

Sekitar 10 ribu tahun yang lalu, bangsa Mesopotamia menyimpan biji-bijian untuk bahan pembuat roti. Saking banyaknya persediaan itu, gudang penyimpanan mereka mulai padat dan lembab. Akibatnya biji-bijian menjadi berfermentasi. Proses fermentasi ini menghasilkan biang yang akhirnya menjadi bir saat ini.

Sandwich

Roti tangkup dengan isian ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1700-an oleh John Montagu, Earl of Sandwich ke-4. Sebetulnya belum jelas bagaimana Montagu menemukan metode makan roti yang praktis ini.

Ada yang bercerita, Motagu tak bisa meninggalkan kegiatan favoritnya bermain gambling game. Ia pun meminta pelayan untuk membawa daging yang diapit dengan dua lembar roti.

Kisah lain menyebutkan, Montagu begitu sibuk bekerja sehingga membutuhkan makanan yang tak perlu ribet dimakan dengan alat makan. Akhirnya, terciptalah sandwich alias roti isi.

Cone Es Krim

Nah yang terakhir ada Cone eskrim, pada tahun 1904, terdapat acara bernama St. Louis World’s Fair. Ada banyak gerai yang dibuka di sana, salah satunya adalah gerai es krim milik Ernest Hamwi. Suatu saat, Hamwi kehabisan piring dan gelas saji es krimnya.

Kebetulan, gerai di sampingnya menjual waffle gulung yang menyerupai pastry yang disebut Zalabis. Hamwi meminta gerai di sampingnya untuk membuat waffle gulung tipis dan kering agar es krim bisa diletakkan di atasnya. Voila, cone es krim pun tercipta!

Gimana, sekarang kalian sudah taukan beberapa makanan terkenal yang diciptakan karena ketidaksengajaan. Semoga bermanfaat