Yuk, Ketahui Lebih Dalam Tentang Infused Water

Semua orang pasti menyukai minuman yang segar-segar, apalagi jika dinikmati di saat musim panas, Duhh segerrr. akan tetapi jika kalian ingin minum minuman yang segar namun ingin mengurangi untuk mengkonsumsi minuman soda. Jangan takut! sekarang sudah ada alternatif yang dapat memuaskan dahaga kamu.

Semua orang tahu bahwa minum air adalah salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi air dapat membantu kita untuk mengatur temperatur tubuh, melindungi organ vital dan dapat memperbaiki fisik kita. Akan tetapi, jika hanya sekadar minum air putih biasa saja setiap waktu bisa jadi hal yang membosankan bagi siapapun.

Sekarang sudah ada alternatif untuk kita agar minum air putih terus menerus dan gak akan membuat kita bosan, sebagai alternatifnya yang dapat kamu coba adalah membuat infused water. Pada dasarnya ini sama juga dengan air putih biasa namun diberi rasa alami. Air putih dengan tambahan Sarat dari rasa buah-buahan, sayuran dan rempah- rempah. Air minum “super” ini dapat membantu Anda tetap terhidrasi sekaligus meringankan berbagai keluhan kesehatan yang sering kalian rasakan.

Apa itu Infused Water?

Infused water adalah air putih biasa yang sudah dicelupkan dan direndamkan dengan beberapa potongan buah-buahan atau herbal.

Ada banyak jenis buah-buahan dan rempah yang dapat digunakan untuk menciptakan infused water. Dalam secangkir infused water, Anda boleh mencampurkan lebih dari 1 jenis buah atau rempah untuk mendapatkan variasi rasa segarnya. Infused water saat ini sedang menjadi tren kesehatan yang banyak dinikmati orang-orang di berbagai belahan dunia, termasuk di negara kita Indonesia.

Tapi harus di perhatikan ya guys, jika kalian ingin membuat infused water, ternyata gak semua buah bisa dibikin untuk campuran infused water, ada beberapa buah yang gak bisa yaitu: buah-buahan seperti pepaya, mangga, pisang, sirsak, alpukat dan semangka, itu akan gampang rusak teksturnya karena berdaging lunak dan mudah terfermentasi jadi asam apabila direndam air dalam waktu lama. Tekstur buah lunak juga dapat membuat warna infused water keruh sehingga penampilannya tidak lagi menarik. Bukan karena kandungan gizinya yang tidak bagus akan tetapi karena tekstur daging buahnya yang terlalu lunak.

Cara Membuatnya

Banyak orang yang tertarik dengan minuman yang satu ini, sehingga banyak juga yang tertarik untuk membuatnya dirumah dan jika kalian tertarik untuk membuatnya, berikut adalah langkah yang harus dilakukan:

Yang paling penting adalah kalian harus mencuci buah atau sayuran yang ingin kalian jadikan sebagai infused water.

  1. Taruhlah buah atau sayur ke dalam gelas atau wadah infused water manapun. Gunakan sendok kayu atau sendok biasa untuk sedikit menekan dan menumbuk buah/sayuran. (Tips: kupas dulu buah jeruk dari kulitnya supaya tidak menghasilkan rasa pahit.)
  2. Gunakan ramuan rempah-rempah atau herbal dan tumbuk halus dedaunannya. Hal ini bertujuan untuk membantu melepaskan ekstrak dan minyak alami dari ramuan rempah-rempah tersebut dan bercampur dengan air.
  3. Terakhir, tambahkan air putih biasa, air mineral atau air apapun yang sudah matang. Infused water siap diminum!

Jika kalian selesai membuat infused water alangkah baiknya jika kalian menyimpannya di gelas kedap udara, dalam stoples, teko kaca, botol air, galon kendi atau wadah apapun. Semua tergantung pilihan kalian guys. Setelah meletakkannya di wadah sebaiknya kalian langsung menyimpannya kedalam kulkas sampai seminggu atau sampai rasa buahnya tidak ada lagi dan kalian bisa menambahkan lebih banyak potongan buah-buahan lagi.

Ketika membuat infused water pastinya kalian tidak hanya ingin mengikuti trend saja bukan? Pasti kalian juga ingin mengetahui kandungan nutrisi minuman yang kalian minum itu. Nah jika kalian minum infused water maka kalian akan mendapatkan kandungan vitamin, mineral dan antioksidan alami yang terkandung dalam buah, sayuran, rempah dan herbal atau maupun bahan lainnya.

Tapi yang perlu kalian ketahui bahwa infused water adalah air resapan sari buah/sayur/bahan lainnya dan tidak sama dengan jus. Jadi tidak ada tambahan gula dan kalori dari buah yang ikut terserap ke dalam air, maka dari itu ini disebut air “infusan” (infused) karena alasan itu. Kamu hanya meng-“infus”kan rasa ke dalam air beserta semua nutrisi alami dari buah-buahan, sayuran dan rempah-rempah.

Manfaat Infused Water

Karena saat ini infused water sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian orang karena dipercaya mendatangkan banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Tapi klaim-klaim tersebut belum tentu sepenuhnya benar. Berikut ini beberapa klaim mengenai manfaat infused water beserta faktanya.

Sarana Detoks dan Trik Memperlancar Metabolisme Tubuh

Potongan lemon yang dimasukkan dan dikonsumsi bersama air mineral diklaim sebagai sarana detoks yang baik bagi tubuh. Ide detoks berasal dari kepercayaan bahwa racun bisa menumpuk di dalam tubuh dan dengan pola makan khusus atau detoks, racun ini bisa dihilangkan. Namun tidak ada bukti bahwa racun menumpuk di dalam tubuh seiring waktu. Jika benar demikian, maka tubuh akan sering sakit. Sehingga diet atau pola makan detoks pun belum terbukti secara klinis berguna bagi tubuh.

Anti-Penuaan

Air mineral yang dipadukan dengan buah-buahan yang kaya antioksidan, seperti delima dan stroberi, dianggap dapat menjadi sarana ampuh melawan efek penuaan.

Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang berdampak buruk bagi tubuh. Mengonsumsi banyak buah dan sayur-sayuran menunjukkan hasil positif dalam menghambat proses penuaan.

Minum infused water bisa memberikan manfaat lebih dalam anti-penuaan dibandingkan dengan minum air putih saja. Namun jika ingin memaksimalisasi jumlah antioksidan di dalam pola makan sehari-hari, jangan batasi buah terendam di dalam infused water saja. Konsumsilah beragam buah dan sayur-sayuran secara langsung juga.

Menurunkan Berat Badan Menjadi Lebih Ideal

Mengonsumsi infused water diklaim bisa menurunkan berat badan menjadi lebih sehat. Namun, belum ada penelitian medis yang membuktikan klaim tersebut. Berat badan ideal yang sehat paling baik dicapai dengan olahraga teratur dan pola makan yang sehat.

Meski belum terbukti mengenai manfaat kesehatannya, bukan berarti infused water sama sekali tidak mendatangkan keuntungan. Minuman ini bermanfaat, khususnya bagi orang-orang yang tidak suka mengonsumsi air mineral dan anak-anak yang kurang suka mengonsumsi buah-buahan. Orang yang tidak suka minum air mineral biasanya memenuhi kebutuhan cairan mereka dengan minuman seperti kopi, teh atau minuman ringan.

So? bagaimana, apakah kalian ingin minum air putih biasa atau ingin mencoba minum infused water agar tidak bosan dengan rasa air putih yang hambar dan ada baiknya juga kalau mencoba membuat sendiri infused water, siapa tau bisa semakin menyegarkan hari-hari Anda.