Minum Air Kemasan Yang Disimpan di Mobil Ternyata Bisa Sebabkan Penyakit

Saat ini orang yang memiliki mobil sudah banyak dan kepemilikan mobil saat ini bukan dianggap barang yang waahh. Sebab mobil sudah menjadi kebutuhan untuk alat transportasi. Bahkan yang menggunakan mobil nggak cuma pejabat doang, anak sekolah zaman sekarang juga banyak yang sudah menggunakan mobil, yaa walaupun mobil ortu.

So, mobil bukanlah lagi barang mewah. Nah, untuk kalian yang beraktivitas menggunakan mobil, cobadeh ingat-ingat apa yang sering kalian letak didalam mobil kalian? tisu? pengharum ruangan? Dan pasti ada yang sering nyimpan botol minuman bukan?

Nahhh lhooo, untuk kalian yang sering menyimpan botol minum di dalam mobil dan meminumnya kembali, sebaiknya jangan lagi ya guys. Sebab apabila kalian menyimpan botol minuman kedalam terlalu lama di dalam mobil dan kalian minum kembali, maka minuman tersebut sudah berubah menjadi racun yang berbahaya bagi kesehatan lho.

Kenapa bisa gitu ya?

Mungkin ketika kita lihat, air yang terdapat di kemasan botol tersebut baik-baik saja dan tidak berubah sama sekali, tapi sebernarnya air tersebut ternyata terpapar senyawa kimia berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan. Sebab pada saat ditinggal di dalam mobil yang keadaan mati, maka mobil tersebut akan menjadi panas. Meninggalkan air kemasan di dalam mobil mati adalah suatu kesalahan dan sebaiknya air kemasan tersebut tidak diminum lagi.

Salah satu universitas telah melakukan sebuah penelitian oleh air minum yang ditinggal di mobil dan kemudian diminum lagi. Penelitian yang dilakukan oleh University of Florida mengadakan studi baru dengan meneliti 16 merek air minum kemasan. Hasil yang ditemukan dalam rekomendasikan oleh Food and Drug Administration (FDA), saat ini air kemasan mengandung bisphenol A (BPA) yang aman.

BPA adalah zat yang disinyalir dapat memicu karsinogenik. Para peneliti mengadakan studi baru juga yang mengamati bahwa air kemasan yang ditinggalkan di dalam mobil selama 4 minggu dengan suhu 70°C tetap aman. Namun tentunya merupakan hal yang buruk jika Anda menemukan air kemasan dalam mobil, kemudian Anda langsung meminumnya.

Sementara Anda sendiri tidak tahu seberapa lama air kemasan itu berada di dalam mobil. Dikutip dari lama Realsimple.com, saat Anda memarkirkan mobil di lahan parkir yang berada di bawah sinar matahari, panas di dalam mobil bisa mencapai antara 55°C abhkan bisa sampai 80°C. Botol yang digunakan untuk air kemasan terbuat dari polyethylene terephthalate (PET), bahan yang digunakan untuk banyak kemasan makanan dan minuman karena ringan, tahan lama dan anti pecah.

Ketika plastik yang terbuat dari bahan PET kemudian terkena panas, maka akan melepaskan zat kimia BPA. Apabila zat tersebut terlepas maka dapat mempengaruhi kadar hormon dengan meniru estrogen. Selain itu juga dapat memicu risiko kesehatan jika Anda terpapar dalam jumlah yang cukup tinggi. “Jika Anda menyimpan air cukup lama, mungkin ada kekhawatiran,” Ujar pemimpin studi, Lena Ma dalam siaran pers. Saat Anda menemukan air kemasan tertinggal di dalam mobil, sebaiknya yang harus Anda lakukan adalah membuangnya atau menggunakannya untuk menyiram tanaman. Jangan diminum! Berbahaya bagi tubuh.

Sinar matahari atau ultraviolet yang mengenai plastik kemasan minuman Anda akan mengaktifkan dioksin dari botol tersebut, melebur bersama cairan minuman. Ini akan berakibat buruk terhadap kesehatan, bahkan lebih berbahaya lagi jika diminum oleh wanita. Sebab dioksin adalah bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker payudara. Oleh sebab itu bagi kalian yang sering melakukan kebiasaan ini, maka sebaiknya jangan lakukan lagi, daripada nanti Anda terkena penyakit yang berbahaya.

Tak hanya botol air mineral saja yang bisa berbahaya jika didiamkan di mobil dan diminum. Ternyata botol pencampur susu anak, tempat minum anak, semuanya yang terbuat dari plastik juga menjadi rawan karsinogenik jadi anjurannya adalah tidak minum atau membuat minuman panas dengan wadah plastik jenis apa pun.

Selain dimobil, tempat yang membuat minuman kita menjadi berbahaya adalah motor, becak, etalase, jendela rumah dan tempat lainnya yang dapat memancarkan sinar matahari yang membuat minuman botol Anda menjadi rusak.

Sebaiknya jika Anda membeli minuman kemasan, maka habiskan saat itu juga atau simpanlah di tempat yang sejuk dan kering serta tidak terpapar matahari berlebihan. Jika Anda haus lebih baik beli yang baru dari pada harus meminum yang sudah ditinggalkan didalam mobil.

Nah, jangan tinggalin minuman kalian lagi dimobil ya guys, apalagi diminum kembali.