Mengenal Disleksia, Penyakit Yang Dialami Oleh Abhisshek Bachchan

Setiap orang pasti memiliki usia yang berbeda-beda saat pandai membaca, nah kira-kira kamu pande membaca di usia berapa nih? Atau jangan-jangan ada yang nggak pande baca padahal udah pada gedek? Jawabnya nggak usah malu guys, sebab gangguan kesulitan membaca ini ternyata termasuk penyakit, jadi orang yang sulit membaca bukan berarti dia bodoh kok!

Kesulitan membaca dan menulis ini ternyata disebut dengan disleksia. Umumnya hal tersebut terjadi pada anak usia 7 sampai 8 tahun. Namun bukan karena mereka yang terkena penyakit ini berarti mereka akan tertinggal dan menjadi sampah masyarakat. Jika di flasback kebelakang, justru banyak orang-orang jenius yang terkenal di dunia mengidap penyakit ini.

Apa Itu Disleksia?

Disleksia adalah sebuah gangguan dalam perkembangan belajar yang umumnya terjadi pada anak usia 7 sampai dengan 8 tahun. Biasanya anak yang mengidap gangguan ini mengalami kesulitan membaca, menulis, atau mengeja. Selain itu penderitanya juga sering mengalami kesulitan dalam mengidenti bagaimana kata-kata yanga diucapkan harus diubah menjadi bentuk huruf ataupun kaliamat. Anak-anak yang biasa terserang disleksia adalah anak-anak yang memiliki daya pengelihatan dan tingkat kecerdasan yang normal. Jadi bisa dipastikan bahwa disleksia sama sekali tidak mempengaruhi kecerdasan seseorang.

Penyebab

Sampai saat ini penyebab disleksia belum diketahui secara pasti, akan tetapi beberapa pakar menduga bahwa hal ini terjadi karena faktor gen dan keturunan. Disleksia sendiri terbagi dari dua bagian yaitu disleksia primer dan disleksia berkembang. Disleksia primer terjadi akibat tidak berfungsinya cerebrum (bagian otak yang mengatur aktifitas berpikir dan bergerak) yang terjadi akibat faktor genetik dan keturunan.

Sedangkan disleksia berkembang dialami ketika anak masih berada dalam kandungan. Pengidap disleksia berkembang dapat membaca namun tidak lancar dan mengalami kesulitan dalam mengeja kata-kata. Akan tetapi kemampuan membaca mereka akan kian membaik ketika tumbuh dewasa. Namun kemampuan tersebut tidaklah selancar anak pada umumnya.

Tanda – Tandanya

Anak yang mengidap gangguan baca-tulis ini biasanya juga mengidap disfungsi otak dan bisa berulang kali terbalik dalam menulis sebuah angka atau huruf. Namun dari segi fisik tidak ada yang bisa membedakan anak disleksia dan anak lainnya. Oleh karena itu banyak ornag tua yang kecolongan dan menganggap sepele. Biasanya orangtua akan mulai sadar jika anaknya melakukan kesalahan yang sama pada usia lebih dari delapan tahun. Selain ini juga menjadi:

  • Tidak mampu mengikuti urutan atau pola
  • Tak mampu mengingat apa yang pernah didengar dan dilihat – termasuk hal-hal yang disukainya, seperti film atau cerita.
  • Mengerjakan PR dengan tidak rapi
  • Enggan mengerjakan tugas sekolah
  • Mengalami kesulitan saat menyalin dari buku atau papan tulis

Penanganannya

Jika sudah begini maka kebanyakan orangtua akan panik bagaimana nasib anaknya di masa depan. Sebaiknya lakukan penanganan seperti ini:

  • Jika anak anda sudah sekolah, maka bicarakanlah mengenai kondisi anak anda pada pihak sekolah, agar pihak sekolah dapat membatu kesulitan dalam belajar yang dialami anak anda.
  • Upayakan untuk sering melatihnya dengan memperbanyak waktu membacadi rumah. Mungkin akan terasa membosankan, namun dengan membaca juga mampu melatih otak. Cobalah membaca buku yang memiliki topik menyenangkan, sehingga tidak terlalu membosankan.
  • Jika anda atau anak mengidap disleksia jangan pernah merasa bahwa ini adalah akhir dari hidup, sebab salah satu aktor bollywood tampan yang satu ini mampu berkarir dan bahkan sangat terkenal, meski ia mengidap penyakit disleksia. Jadi disleksia nggak bisa menghentikan langkahmu menuju sukses kok!

Abhisshek Bachchan Mengidap Disleksia

Abhisshek Bachchan adalah aktor, produser dan sekaligus penyanyi ini adalah anak kandung dari Amitabh Bachchan, jika kamu penggemar film bollywood tentu tau dong film apa saja yang diperankan olehnya? Salah satunya Dhoom, pasti pada tau dong! Nah, anak dari Amitabh Bachchan ini memulai karirnya sebagai aktor pada tahun 2000-an.

Dari sekian banyak penghargaan yang ia dapat, ternyata ia pernah dinobatkan sebagai orang terseksi di Asia oleh majalah Inggris ‘Eastern Eye’ pada tahun 2006. Ditahun 2007, aktor tampan ini menikahi seorang yang juga aktris sekaligus Miss World pada tahun 1994, tampan dan cantik, cocok banget ya. Kemudian di dalam pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang putri yang membuat keluarga mereka semakin bahagia.

Namun yang harus kita ketahui, dibalik kesuksesan yang ia dapatkan saat ini ternyata Abhisshek Bachchan adalah salah satu orang yang mengidap disleksia dan dirinya mengalami disleksia sudah sejak kecil, namun hal ini masih sangat jarang sekali diketahui karena ia tidak pernah membicarakannya kepada media. Akan tetapi media mulai mengetahui hal ini karena pada saat dia ikut ambil andil dalam film India Tare Zameen Par. Namun dirinya sama sekali tidak ikut serta memerankan film tersebut.

Film yang diperankan sekaligus di sutradarai oleh Amir Khan, Abhisshek sama sekali tidak mengambil peran sebagai aktor. Abhisshek hanya muncul sebagai foto yang diceritakan sebagai aktor terkenal India yang mengalami disleksia. Dalam pembuatan film tersebut, bahkan Amir Khan meminta izin terlebih dahulu kepada keluarga Bachchan untuk mengangkat kisah Abhishek yang pernah mengalami disleksia.

Dari gangguan yang dialaminya, justru Abhisshek tidak merasa terpuruk, ia justru bangkit dan menjadi aktor yang paling diperhitungkan di Industri perfilman India. Bahkan ia merasa senang bisa membagi ceritanya kepada semua masyarakat, sebab dari cerita yang ia alami bisa menjadi inspirasi banyak orang dan dia juga berharap bahwa masyarakat dapat mendukung anak-anak yang memiliki gangguan dalam belajar seperti dirinya.

Nggak nyangka ya aktor tampan ini ternyata memiliki gangguan disleksia, kekurangannya tersebut dapat ditutupi dengan prestasinya di dunia perfilman, tapi nggak cuma Abhisshek saja lho yang bisa sukses dibalik gangguan disleksiannya karena Albert Einstein, Leonardo Da Vinci, Thomas Edison dan Steven Spielberg juga mengidap disleksia juga lho!