Benarkah Yoga Dapat Menurunkan Berat Badan? Ini Jawabanya

Jika Anda bertanya-tanya “apakah yoga membantu Anda menurunkan berat badan?” Maka dari itu sangat penting untuk memahami beberapa prinsip dasar  yang terkait dengan penurunan berat badan.

Kehilangan berat badan adalah tindakan untuk menyeimbangkan energi dalam tubuh. Tubuh Anda akan membakar sejumlah kalori setiap hari. Hal ini dikenal sebagai tingkat metabolisme basal.  Jika Anda mengkonsumsi lebih banyak kalori dari pada yang Anda bakar, kemungkinan berat badan kamu akan bertambah lebih gemuk.

Kalori, aktivitas fisik, metabolisme tubuh Anda, dan dedikasi diri semua adalah faktor yang muncul saat Anda mencoba menurunkan berat badan. Mengkonsumsi lebih sedikit kalori adalah satu sisi dari persamaan penurunan berat badan, sementara yang lainnya melibatkan pembakaran kalori. Satu-satunya cara untuk membakar kalori ekstra dalam sehari adalah dengan cara berolahraga. Ada ratusan cara berolahraga dan yoga adalah salah satunya.

Melakukan Yoga pasti akan membantu kamu menurunkan berat badan ditambah lagi jika kamu juga memperhatikan asupan kalori dalam tubuhmu, namun yoga bukanlah cara yang paling efektif untuk membakar kalori dalam setiap jam. Sebaiknya jika kamu ingin benar-benar membakar kalori, alangkah baiknya kamu memilih olahraga lari, bersepeda dan bahkan di atas treadmill dan sepeda gym per jam dari pada yoga. Namun, melakukan yoga juga memiliki banyak manfaat kesehatan dan psikologis lainnya selain dari penurunan berat badan. Ini termasuk:

Fleksibilitas – Anda akan meregangkan dan memanuver tubuh Anda dengan cara yang tidak pernah Anda bayangkan, meningkatkan fleksibilitas dan jangkauan gerak di otot dan sendi Anda. Ini akan membantu mencegah cedera.

Kekuatan – Pose yoga akan meminta Anda bergerak perlahan masuk dan keluar dari pose tertentu dan juga mendukung berat tubuh Anda dengan cara yang mungkin belum pernah Anda lakukan. Anda akan menjadi lebih kuat di bagian lengan, kaki. Massa otot lebih banyak dan otot yang lebih kuat juga dapat membakar lebih banyak kalori anda, hal tersebut juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Pencegahan Nyeri dan Cedera – Dalam yoga, Anda akan mempraktikkan pose yang akan membantu memperbaiki kesejajaran dan postur tubuh Anda.

Praktik Pernapasan yang Lebih Baik – Yoga juga akan mengajarkan cara untuk secara sadar dan efektif memusatkan perhatian pada pernapasan kita, jumlah oksigen signifikan yang masuk ke otak dan otot Anda. Ini sangat bagus untuk fungsi dan produktivitas harian Anda. Pernapasan yang lebih baik diketahui bisa mengurangi stres Ini hanyalah beberapa perbaikan fisik umum yang dilakukan orang-orang yang melakukan yoga. Sebagai bonus.

Ada beberapa hal yang akan Anda perhatikan secara mental juga:

Mental yang Tenang – Anda akan sangat berkonsentrasi pada gerakan tubuh yang lamban sehingga akan membawa Anda ke keadaan damai baru yang belum pernah Anda alami.

Mengurangi Stres – Yoga juga dapat mengurangi stres yang anda alami dan juga dapat menjaga tubuh Anda dalam kondisi sehat. Saat Anda sedang melakukan yoga, Anda akan sangat terfokus untuk menyelesaikan gerakan yang akan Anda hadapi dalam keadaan serius bermeditasi. Yoga menekankan pentingnya hidup pada saat ini. Stres seringkali dapat menyebabkan penambahan berat badan. Orang yang mengalami stres cenderung akan makan lebih sering atau membuat pilihan makanan yang buruk jika mereka stres. Yoga membersihkan pikiran dan membantu Anda bersantai dan menjadi lebih sadar diri.

Manfaat Yoga Lainnya

Jika anda mengikuti kelas yoga tentunya akan membuat anda bertemua dengan teman baru, yang hebatnya anda akan berteman dengan orang-orang yang memiliki tujuan sama dengan anda. Yoga juga akan meningkatkan perhatian Anda dan memperbaiki kondisi tubuh Anda. Secara mental, Anda akan menjadi lebih sadar diri dan termotivasi untuk membuat pilihan makanan yang lebih baik sepanjang hari. Ini tidak diragukan lagi adalah tempat dimana kebanyakan orang berjuang.

Ingat, saat berlatih yoga, Anda melakukan sesuatu yang lebih penting dari pada berolahraga yang hanya menurunkan berat badan, akan tetapi Anda juga bisa menciptakan sebuah ketenangan dimana hal tersebut yang akan memperbaiki keseluruhan pola pikir Anda terhadap kesejahteraan fisik dan emosional.

Mempraktikkan Yoga – Bagaimana Anda Mulai?

  1. Pahami bahwa yang namanya ‘ahli yoga’ sebenarnya tidak ada. Yoga bukan olahraga kompetitif, dan bahkan para guru pun masih selalu bisa menemukan berbagai variasi gerakan yang mendatangkan manfaat berbeda. Yoga adalah sarana untuk menjelajahi tubuh dan menenangkan pikiran, serta mengenali diri sendiri dengan lebih baik. Jadi, siapapun bisa segera memulai yoga.
  2. Jangan terlalu banyak berpikir saat hendak memulai melatih sebuah pose; lakukan saja! Ikuti semua petunjuk keamanan gerakan dan biarkan tubuh Anda menyesuaikan diri, walaupun Anda sedang melakukan pose yang sulit seperti Crow Pose. Tanpa sadar tubuh Anda akan menyesuaikan diri.
  3. Pahami bahwa tidak akan ada yang menghakimi Anda saat di studio yoga. Mungkin saja ada murid yang sudah lebih mahir dan fleksibel dalam melakukan pose-pose yoga, tetapi ketika latihan dimulai, semua orang akan sibuk berkonsentrasi berlatih, jadi siapa yang akan memandangi Anda?
  4. Jangan memaksa diri dalam melakukan suatu gerakan. Setiap pose yoga memiliki variasi untuk yang masih pemula. Jangan malu melakukan pose untuk pemula sampai Anda merasa siap untuk meningkatkan diri Anda dengan melakukan gerakan yang lebih sulit.
    • Berlatihah dengan pikiran terbuka dan kesabaran. Jangan keburu menghakimi sebuah sesi yoga sebagai ‘tidak ada gunanya.’ Pahami bahwa yoga adalah proses yang panjang, dan dampaknya akan terlihat sedikit demi sedikit.