Beberapa Manfaat BertepuK Tangan Bagi Kesehatan

Bertepuk tangan biasa dilakukan seseorang sebagai bentuk apresiasi, penghormatan, penghargaan, dan merupakan bentuk dari sebuah kebahagiaan terhadap sesuatu hal. Akan tetapi, tepuk tangan bukan hanya sekedar bentuk ekspresi diri, tapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan anda. Banyak orang yang tidak mengetahui, bahwa bertepuk tangan yang merupakan suatu aktivitas ringan, ternyata mampu memberikan manfaat positif bagi orang yang melakukannya.

Menurut Dr.Rahul Dogra dari Kairali Ayurveda, India, tubuh memiliki 340 titik tekanan dan 28 titik tersebut terdapat pada tangan. Titik-titik tersebut terhubung pada organ-organ tubuh lainnya, sehingga saat melakukan tepuk tangan, organ tersebut akan mendapat rangsangan. Ini adalah satu alasan mengapa tepuk tangan bisa dijadikan sebagai terapi kesehatan, jika anda mau melakukannya. Kegiatan menepuk tangan ini akan merangsang sirkulasi darah, Dan jika sirkulasi darah lancar, maka hambatan-hambatan di dalam pembuluh darah dapat disingkirkan atau dibersihkan. Salah satu hambatan dalam darah tersebut adalah kolesterol jahat.

Bertepuk tangan selama kurang lebih 20 sampai 30 menit setiap pagi bisa membantu anda untuk tetap sehat dan aktif. Dan untuk melakukannya, anda bisa menambahkannya dengan menggunakan minyak yang mudah diserap oleh kulit. Saat melakukan tepuk tangan ini, ujung jari dan telapak tangan masing-masing harus saling menekan satu sama lain agar lima titik akupresur utama yang ada di tangan akan terangsang dan memberikan manfaat kesehatan bagi anda.

Apabila anda melakukan hal ini secara teratur, paling tidak anda akan mendapatkan beberapa manfaat kesehatan, seperti:

1. Sirkulasi darah lancar

Melakukan gerakan sederhana seperti menepuk tangan kurang lebih selama 20-30 menit, bisa meningkatkan sirkulasi darah di seluruh tubuh. Selain itu gerakan tepuk tangan juga membuat tubuh menjadi lebih ber-energi, karena aliran oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar. Kegiatan menepuk tangan ini sangat dianjurkan untuk orang-orang yang tinggal di rumah ber-AC atau bekerja di kantor-kantor yang membuat anda sulit berkeringat, karena terapi ini akan membantu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh mereka.

2. Membantu meredakan nyeri

Tepuk tangan merupakan gerakan yang sangat baik untuk dilakukan oleh orang-orang yang memiliki penyakit arthritis (peradangan sendi). Selain itu, gerakan ini juga akan membantu meredakan nyeri sendi, nyeri punggung, dan nyeri leher yang sedang anda alami atau rasakan. Pada saat tepuk tangan, titik-titik yang terkait dengan bagian tersebut akan mendapatkan stimulasi.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Aktivitas atau gerakan menepuk tangan ternyata sangat ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda. Dan jika anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, maka anda akan terhindar dari berbagai penyakit.

4. Aliran oksigen lancar

Gerakan tepuk tangan juga bisa membantu melancarkan aliran darah termasuk oksigen ke paru-paru. Lancarnya aliran oksigen ke paru-paru akan sangat baik untuk sistem pernapasan anda. Kegiatan ini juga sangat pas untuk direkomendasikan kepada para penderita asma.

5. Meningkatkan fokus dan kemampuan belajar

Gerakan menepuk tangan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kerja otak. Inilah alasan mengapa bertepuk tangan sering dipraktekkan kepada anak-anak TK dan anak-anak sekolah dasar. Kegiatan bertepuk tangan, itu akan membantu meningkatkan kinerja akademis mereka.

6. Membantu memperbaiki masalah pencernaan

Menepuk tangan merupakan terapi yang sangat efektif untuk mengatasi masalah atau gangguan pencernaan. Anda juga bisa melakukan pose yoga tertentu yang memiliki gerakan menepuk tangan agar sistem pencernaan anda selalu dalam keadaan yang baik.

Setelah mengetahui bahwa menepuk tangan bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan anda, masihkah anda mengabaikannya? Gerakan menepuk tangan ini bukanlah sesuatu yang sulit untuk anda lakukan. Jadi tunggu apa lagi? lakukanlah gerakan ini secara teratur disetiap pagi hari.