Bahaya Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji Secara Berlebihan

Taukah Anda kalau sebenarnya makanan cepat saji memiliki sedikit nutrisi dan memiliki lemak tinggi serta natrium dan gula yang dapat menyebabkan obesitas dan berbagai masalah dalam kesehatan, termasuk diabetes, penyakit jantung dan arthritis.

Berikut adalah fakta-fakta tentang bagaimana dampak jika Anda berlebihan mengkonsumsi makanan cepat saji yang dapat mempengaruhi kesehatan dalam tubuh.

Mempengaruhi tingkat energi 

Makanan cepat saji atau junk food tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Akibatnya, Anda mungkin merasa kronis kelelahan dan kekurangan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tingginya kandungan gula pada junk food menempatkan metabolisme Anda di bawah tekanan dan juga dapat membuat Anda mudah lapar. Karena makanan cepat saji tidak mengandung jumlah protein yang cukup dan karbohidrat yang baik.

Menyebabkan kinerja yang buruk

Junk food mengandung lemak dalam jumlah yang cukupbesar dan sebagian lemak dapat menumpuk dalam tubuh sehingga akan menambah berat badan dan bahkan bisa membuat anda obesitas serta kondisi penyakit yang kronis seperti diabetes, penyakit jantung dan arthritis.

Tingginya lemak dan natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.Diet yang berlebihan juga dapat memiliki efek negatif pada fungsi ginjal Anda, bahkan mengarah kepada penyakit ginjal. Tingginya tingkat lemak pada makanan cepat saji dapat menyebabkan menurunnya kinerja kognitif. Anda akan merasa muda lelah dan mengalami kesulitan berkonsentrasi karena tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

Dapat merusak hati dan jantung

Tingginya kadar lemak dan natrium dalam junk food dan makanan cepat saji dapat berkontribusi menyebabkan penyakit jantung. Tingkat tinggi asam lemak trans yang ditemukan dalam makanan cepat saji dapat menyebabkan lemak hati, yang dari waktu ke waktu akan dapat menyebabkan disfungsi hati Anda menjadi rusak dan menyebabkan penyakit yang kronis.

Dapat menyebabkan diabetes

Tingginya kadar gula dan karbohidrat dari makanan cepat saji juga dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Hal ini terjadi karena makanan tersebut terlalu banyak gula sehingga menyebabkan metabolisme tubuh berada dibawah tekanan rata rata. Ketika Anda makan banyak gula putih dan karbohidrat, tubuh harus memompa produksi insulin untuk mencegah lonjakan berbahaya pada kadar gula darah Anda.

Karena junk food atau makanan cepat saji  tidak mengandung protein atau karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tingkat gula darah yang konsisten sehingga kadar gula darah akan drop tiba-tiba setelah memakan makanan tersebut.

Mengkonsumsi makanan cepat saji juga dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan dapat menyebabkan menurunkan tingkat energi. Sebaikanya tidak perlu mengkonsumsi junk food terlalu sering dalam jumlah yang banyak, semua itu hanya membuat kesehatan Anda semakin menurun dan akan beresiko terkena Obesitas. Sebaiknya konsumsi makanan buatan sendiri dengan bahan yang sehat dan segar sehingga dapat mengurangi resiko penyakit yang berbahaya bagi tubuh Anda.