Ajaib, Ternyata Pisang Bisa Jadi Obat Galau

Perasaan galau atau pun sedih seusai putus cinta mungkin adalah hal yang biasa di alami oleh semua orang, khususnya anak muda yang baru patah hati. Mood yang berubah menjadi badmood adalah hal yang lumrah di alami bagi yang suasana hatinya tidak enak. Tapi tenang aja guys, buat kamu yang sedang di terpa galau badai, dengan makan buah ini galau badai kamu bisa teratasi lho!

Ada beberapa makanan yang dapat membantu memperbaiki mood dan mengurangi perasaan sedih. Salah satunya adalah buah pisang. Buah berwarna kuning ini tidak hanya enak untuk dimakan, tapi ternyata juga dapat memperbaiki mood anda. Membuat bahagia adalah salah satu manfaat dari buah yang sering dijadikan makanan pencuci mulut ini. Penasaran bagaimana bisa buah ini dapat membuat bahagia? Yuk kita simak penjelasannya.

Kandungan Buah Pisang

Pisang mengandung (68%) air, (25%) gula, (2%) protein, (1%) lemak dan minyak, (1%) serat Selulosa. Sebagaimana juga ia mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng.

Di dalam buah pisang juga terdapat kandungan tryptophan danamino esensial yang dapat meningkatkan serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah hormon yang ada di dalam tubuh yang dapat membuat kamu merasa rileks dan nyaman. Dengan makan pisang yang kaya trytophan, kamu bisa merasa lebih bahagia.

Selain itu, pisang juga mengandung magnesium yang dapat meningkatkan mood atau suasana hati. Rata-rata dalam satu buahnya, terdapat 27 mg magnesium. Makan buah setiap hari bisa membantu memenuhi kebutuhan harian magnesium. Wanita membutuhkan 320 mg magnesium, sedangkan pria membutuhkan lebih banyak magnesium sebesar 420 mg. Jika seseorang kekurangan mineral ini, maka akan menyebabkan kecemasan, depresi, iritabilitas, dan gangguan lainnya. Magnesium yang tercukupi juga dapat membuat tidurmu lebih berkualitas.

Sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin B6 yang berfungsi untuk membuat rileks. Vitamin B6 ini juga dapat meningkatkan hormon serotonin di dalam tubuh. Sehingga dengan makan pisang, kamu jadi nggak gampang marah.

Selain untuk merubah mood anda menjadi lebih baik ini juga manfaat memakan si kuning manis yang satu ini:

Manfaat Pisang bagi Kesehatan

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Obat hipertensi (tekanan darah tinggi) Kandungan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali. Kandungan seratnya yang mampu mengikat lemak dapat mencegah terbentuknya plak yang berdampak naiknya tekanan darah.

  • Mencegah penyakit jantung

Vitamin C dan flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

  • Kesehatan janin
  1. Ibu hamil disarankan makan pisang karena kandungan asam folatnya mudah diserap janin.
  2. Mengatasi anemia (kurang darah)
  3. Buah ini juga mengandung zat besi. Dua buah pisang setiap hari, cukup membuat penderita anemia terselamatkan.
  • Mengatasi gangguan pencernaan

Pisang memiliki khasiat antasida serta mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung. Penelitian di Inggris terhadap hewan coba, hewan yang diberi makan pisang, dinding lambungnya menjadi lebih kuat. Untuk itu pilihlah pisang yang manis seperti pisang raja. Serat pada pisang melancarkan buang air besar. Vitamin B6-nya membantu meredakan gejala diare.

  • Menurunkan berat badan

Karbohidrat kompleks tidak menaikkan kadar glukosa dengan drastis; juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Asalkan, pisang tidak diolah dalam bentuk banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak. Serat pada pisang juga menurunkan berat badan karena melancarkan proses metabolisme.
Selain itu juga bagus untuk ibu hamil

Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan. Sebuah pisang matang, akan mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi. Di samping itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.

Karena manfaatnya yang begitu besar, kamu bisa makan buah pisang ini setiap hari. Selain untuk memperbaiki suasana hati, pisang juga memiliki manfaat lainnya. Dengan makan pisang secara rutin, kamu bisa mendapatkan manfaat seperti melancarkan pencernaan, mengatasi anemia, dan menyeimbangkan tekanan darah tinggi. Jika bosan dimakan secara langsung, kamu bisa juga membuat pisang menjadi jus atau pancake.

Selain mengenyangkan ternyata buah pisang memiliki banyak manfaat ya, seperti membuat kamu merasa lebih bahagia. Jadi kalau kamu sedang galau dan sedih, sebaiknya duduk sejenak sambil makan buah pisang.

Nah, gimana buat kamu yang sedang di terpa galau badai, bisa nih buat cobain si kuning manis satu ini. Dari pada hanya menangis dan meratapi sepanjang hari. Lebih baik menikmati makan buah pisang saja ‘kan?