5 Jenis Olahraga Yang Ampuh Untuk Memperlambat Proses Penuaan

Berbicara tentang umur merupakan hal yang paling sensitif untuk dibicarakan, terutama bagi kalangan wanita. Bertambahnya umur seseorang, tentu saja akan mempengaruhi penampilan fisik orang tersebut. Dan jika penampilan berubah, biasanya wanita akan langsung kebingungan dan berusaha mencari cara untuk meminimalisir atau memperlambat proses perubahan yang diakibatkan oleh penuaan tersebut.

Proses penuaan yang dialami seseorang, pertama kali akan terlihat dari mulai munculnya uban dan perubahan kulit yang semakin lama semakin mengendur atau keriput. Saat menemukan gejala-gejala tersebut, seseorang khususnya wanita, akan berusaha untuk menutupinya seperti dengan mewarnai rambut, agar rambut putihnya tidak kelihatan. Dan untuk kulit yang berubah menjadi keriput, biasanya wanita akan memakai krim-krim khusus untuk menguranginya.

Pada umumnya, langkah-langkah itulah yang kemungkinan dilakukan oleh seseorang untuk meminimalisir perubahan penampilan akibat penuaan yang terjadi. Mereka tidak menyadari bahwa ada beberapa cara mudah yang sangat ampuh untuk menunda penuaan tersebut yaitu dengan cara berolahraga. Beberapa olahraga diyakini dapat memperlambat proses penuaan apabila dilakukan dengan teratur dan dengan prosedur yang benar.

Olahraga-olahraga yang dapat memperlambat proses penuaan tersebut antara lain:

1. Yoga

Yoga adalah salah satu bentuk aktivitas fisik yang meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik dan postur tubuh. Aspek-aspek yang menjadi fokus dari latihan yoga ini adalah latihan kekuatan otot dan fleksibilitas.
Olahraga jenis ini tidak hanya memberikan manfaat pada organ tubuh tertentu saja, melainkan seluruh bagian tubuh. Ahli yoga, Dinesh Dagar mengatakan, bahwa yoga bisa membantu anda untuk terhindar dari keriput, sehingga Anda tetap terlihat muda.

Yoga yang dilakukan secara teratur, bisa membuat anda tampak awet muda dengan cara menunjang postur tubuh, membakar kalori, meningkatkan kualitas pernapasan dan aliran darah, mengurangi stres, serta mencegah tulang keropos. Di dalam latihan Yoga, ada pose-pose tertentu yang bisa membuat penampilan wajah anda menjadi awet muda. Pose-pose ini biasanya merupakan pose yang dilakukan agar aliran darah mengalir lebih banyak pada bagian wajah.

Aliran darah yang mengalir lancar ke bagian wajah, akan menyumbang lebih banyak nutrisi serta zat oksigen ke daerah tersebut dan dengan sendirinya memberikan tampilan segar, serta memberi kesan nampak lebih muda. Beberapa pose yoga yang bisa dilakukan adalah sikap lilin (shoulder stand – salamba sarvangasana), dimana kedua kaki diangkat tinggi ke udara, sedangkan kedua bahu digunakan sebagai penyangga dan pose downdog – adho mukha svanasana, dimana anda harus bertumpu dengan telapak tangan dan kaki, serta melengkungkan pinggul ke atas menyerupai huruf V.

2. Angkat beban

Angkat beban adalah salah satu olahraga berat yang paling banyak dilakukan oleh kaum pria. Untuk wanita, latihan angkat beban ini adalah latihan yang paling dihindari. Padahal sebenarnya, latihan ini sangat baik untuk wanita, karena dapat mencegah terjadinya penuaan. Olahraga angkat beban ini, jika dilakukan secara teratur dan dengan prosedur yang tepat, akan membantu memproduksi hormon HGH (Human Growth Hormone). Hormon HGH ini, merupakan hormon yang bertugas membantu dan bertanggungjawab untuk membuat anda tampak muda dan merasa lebih muda. Ahli kebugaran dan ahli medis juga percaya bahwa angkat beban bisa mencegah penyakit osteoporosis.

3. Squats

Squat merupakan jenis latihan yang sangat baik dan memiliki manfaat menguatkan otot-otot bagian tubuh, mulai dari paha, pinggul, sampai bokong. Squat juga merupakan gerakan sederhana yang dapat dilakukan di mana saja dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Bagi anda yang ingin memiliki bokong dan paha yang kencang, lakukan latihan squat secara rutin akan membantu Anda mendapatkan tubuh yang ideal, yang mampu menaikkan kepercayaan diri anda.

Bertambahnya usia dan menjadi tua memang hal yang wajar dialami oleh setiap manusia. Namun jika anda menjadi tua karena adanya fungsi tubuh yang mulai melemah, itu merupakan masalah yang serius. Anda bisa melakukan Squat untuk mencegah penuaan dini. Melakukan latihan ini akan meningkatkan fungsi hormon di dalam tubuh, meningkatkan sistem kerja jantung, meningkatkan massa otot, sehingga tubuh akan selalu terasa bugar. Latihan Squat tersebut akan menjadikan penampilan anda terlihat sehat dan segar. Bahkan kulit pun akan tampak segar seiring dengan bertambahnya usia.

4. Berjalan

Jogging

Berjalan merupakan olahraga ringan yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung. Berjalan yang merupakan kegiatan kardio-vaskular ini, terbukti mampu memperpanjang hidup seseorang. Berjalan juga meningkatkan kelancaran peredaran darah ke seluruh tubuh, sehingga membantu Anda tetap fit. Berjalan juga sangat baik untuk otot-otot kita yang cenderung mengendur saat tua.

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa berjalan ternyata ampuh mengurangi sepertiga resiko demensia. Tidak hanya melindungi Anda dari penyakit tersebut, penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa berjalan kaki bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Jantung yang sehat merupakan cara untuk tubuh tetap muda.

5. Latihan cardio

Sejumlah ahli kecantikan menyarankan untuk melakukan latihan cardio secara rutin, agar kulit terlihat lebih muda. Anda bisa melakukan latihan cardio seperti berenang, bersepeda dan menari. Semua kegiatan tersebut tidaklah susah untuk dilakukan. Kegiatan-kegiatan tersebut akan membuat jantung memompa darah lebih banyak ke dalam tubuh dan memperlancar aliran darah untuk memperindah kulit.