Bola Obi, Makanan Yang Lagi Hits di Bandung

Kota kembang bandung mungkin tak hanya keindahan dan cewek-cewek geulisnya saja yang terkenal, kulinernyapun terkenal juga lho. Misalnya seperti seblak dan cimol, dua makanan yang hits banget di Bandung ini tentunya nggak cuma dapat kamu temukan di kota kembang tersebut, hampir setiap daerah di Indonesia, khususnya di wilayah Jabodetabek.

Sudah ada banyak sekali pedagang yang menjual keduanya kok. Nah, kali ini ada lagi loh makanan yang dari bandung yang lagi hits, kira-kira makanan apalagi yang kini sedang digilai oleh masyarakat Bandung ya??

Bandung juga di kenal dengan banyaknya tempat wisata yang dapat di kunjungi, akan tetapi selain itu Bandung juga punya banyak kuliner yang enak-enak dan cocok untuk di cicipi. Jadi nggak heran kalau makanan yang lagi booming banget di Bandung pasti nantinya akan muncul di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Dan sekarang ini makanan yang lagi paling dicari oleh masyarakat Bandung adalah Bola Obi. Apa sih Bola Obi? Pasti pada penasaran kan, nah kali ini mimin akan membahas seputar makanan yang sedang naik daun di Bandung ini.

Bola Obi

Bola Obi merupakan cemilan berbahan dasar ubi merah, paduan tepung kanji dan gula pasir. Hmmm, bisa dibilang bukan makanan baru lho, karena mungkin sejak kecil kamu yang tinggal di Jawa Barat sudah sangat akrab dengan makanan yang satu ini. Berwarna kuning kecoklatan, jenis makanan gorengan berbentuk bulat ini ada yang dibuat tanpa isian (kopong), ada juga yang diberi isi, seperti gula merah sehingga rasanya manis dan renyah.

Mengapa disebut Bola

Disebut bola karena bentuknya menyerupai bola dan di dalamnya kosong. Obi dibuat dari ubi merah. Ubi merah memiliki kandungan air lebih banyak. Bola obi memancarkan warna jingga karena ubi merah dipadukan tepung kanji yang kuning. Satu porsi bola obi berisi 10 butir di Paskal Food Market dapat dibawa pulang dengan Rp 13.000. Namun bila membelinya di Gardujati dan Cibadak hanya Rp 10.000.

Anda juga bisa membeli yang mentah dan menggorengnya sendiri, akan tetapi kebanyakan orang kalau beli mentahnya belum tentu jadi. Soalnya ada teknik penggorengannya sendiri.

Memang bola obi terbuat dari ubi merah, akan tetapi sama sekali ubi tidak serta merta mendominasi makanan ini. Ketika masuk di mulut, rasa pertama yang muncul adalah gurih dan manis, kemudian muncul rasa ubi.

Mungkin jika anda yang sedang berjalan-jalan ke Bandung dan ingin menjadikan makanan ini untuk di bawak sebagai oleh-oleh buat keluarga anda di rumah, tenang! Jangan khawatir, karena para penjual bola obi akan memberikan anda bola obi dalam kondisi setengah matang. Kemudian anda juga akan diberi cara untuk memanaskannya kembali.

Berikut ini adalh caranya:

Anda harus menyiapkan minyaknya dan itu harus benar-benar panas. Kemudian tinggal disiram-siram saja dan nanti bola obi anda akan mengembang dengan sendirinya. Cuma tiga menit dan sudah bisa diangkat. Rasanya tetap tidak berubah.

Jika anda ingin membeli bola obi, anda bisa mengunjungi Paskal Food Market yang dapat dikunjungi mulai pukul 11.00 hingga 23.30. Di tempat lain, seperti di Gardujati dan Cibadak, lapak baru dibuka sore hari pukul 17.00 hingga tengah malam, terserah deh milih belinya dimana.

Mungkin bisa dibilang makanan ini hanya banyak di Bandung, kalau di Jakarta sendiri makanan yang satu ini masih jarang atau sulit sekali untuk ditemukan. Mungkin kamu ingin mencoba memulai bisnis kuliner Bola Obi? Nah jika kamu tertarik untuk membuka usaha bola obi ini di daerah kamu, bisa aja kok. Kamu bisa saksikan video yang satu ini untuk membuat bola obi sendiri dirumah:

Hmmm gimana ngiler gak ngelihatnya? Bola Obi sendiri adalah camilan yang bisa dinikmati kapan saja, mau di pagi hari, siang , sore atau pun malam hari, kamu bisa menikmati kue yang gurih dan manis ini dan kamu bisa jadikan cemilan ini menjadi daftar cemilan favorit kamu.

Kalau kamu ingin makan bola obi yang berisi, gampang kok! kamu bisa tambahkan gula merah di dalamnya. Bola Obi yang berisi gula merah enaknya dimakan selagi hangat lho, karena gulanya akan langsung “pecah” di mulut. Enak banget! Gimana Kamu tertarik untuk membuatnya? Atau kamu sudah siap buat bikin usaha makanan yang lagi hits di bandung ini di kota mu? Silakan mencoba.