Bagai Ilang Ditelan Bumi, Inilah Boy Dan Girlband Yang Pernah Ada Di Indonesia

Sedikit flashback ke beberapa tahun yang lalu tepatnya di tahun 2010an, mungkin kita masih ingat dengan demam musik K-Pop yang melanda industri musik tanah air. Salah satu dampaknya adalah munculnya beberapa boyband dan girlband di Indonesia.

Sebenarnya tren boyband dan girlband bukan cuma ada pas di tahun 2010 saja. Dulu juga ditahun 90an trend boyband sudah marak, contonya saja dari mulai: Backstreet boys, Nsync, Westlife dan lain-lain. Namun saat itu belum ada boyband dalam negeri yang unjuk gigi. Baru setelah virus K-Pop menyerang tahun 2010-an, mulai muncul boyband dan girlband Indonesia secara dadakan.

Gimana kalian pada masih ingat nggak guys? Nama-nama boy and girlband yang pernah terkenal di era 2010an. Inilah listnya. Kira-kira seperti apa ya keaadan mereka sekarang?

Boyband

SM*SH (SMASH)

SM*SH bisa dibilang sebagai pionir boyband yang pertama kali muncul di tahun 2010. Grup musik asal Indonesia ini terdiri dari 7 orang yaitu: Morgan, Rafael, Rangga, Reza, Dicky, Bisma dan Ilham. Boyband yang dibentuk oleh Starsignal pada tanggal 10 April 2010 ini memiliki genre musik yang mereka bawakan adalah pop-dance.

Nama SM*SH merupakan singkatan dari Seven Men as Seven Heroes. Heroes maksudnya mereka ingin menginspirasi anak muda untuk berkreasi yang positif. Huruf A-nya menggunakan simbol bintang karena terinspirasi dari nama managemen SM*SH yaitu Starsignal. Mereka mulai dikenal masyarakat luas melalui lagunya yang berjudul “I Heart You”. SM*SH juga bisa dikatakan menjadi inspirator munculnya boy band boy band baru di Indonesia.

Meski kemunculannya sempat tersandung kasus tuduhan plagiat, namun tetap saja kehadiran mereka disambut dengan hangat oleh remaja-remaja Indonesia. Terbukti dari banyaknya smashblast, fans SM*SH yang tersebar di banyak kota Indonesia.

Sayang baru berjalan 3 tahun, SM*SH harus kehilangan salah satu membernya yakni Morgan. Sejak keluarnya Morgan, kegiatan mereka sedikit berkurang dan lebih fokus pada kegiatan solo dan saat ini smash sudah dinyatakan bubar karena jarangnya mereka berkumpul lagi dan banyaknya yang memilih untuk bersolo karir. Ada yang menjadi pemain film, sinetron, host dan menjadi penyanyi solo.

Dragon Boyz

Setelah kemunculan SMASH yang mendapatkan banyak respon yang positif, tak lama barulah bermunculan boyband- boyband baru dan salah satunya adalah Dragon Boyz. Boyband yang satu ini terbentuk pada 28 Januari 2011 yang terdiri atas Risa, Ade, Alam, Lukas, dan Bagus.

Sebelum dikenal dengan single “Love You No More”, ternyata mereka sudah sering tampil dari panggung ke panggung. Bahkan, sebelum debut perdana mereka sempat mengalami masa karantina. Hal itu dimaksudkan, mereka sudah punya bekal suara dan aksi koreografi yang tidak memalukan. Selama masa karantina, kualitas suara mereka ditempa, demikian juga gerakan dancenya.

Mr. Bee

Boyband yang satu ini juga juga hampir sama dengan Dragon Boyz, sama-sama digawangi oleh 5 orang personil. Mr.Bee memiliki personil yaitu Boby Rakhman, Febryan Pramanda, Febrian Novanda, Edho zell Pratama, dan Chrishtian Hutabarat.

Awal kemunculannya Mr. Bee datang dengan single terbarunya yang berjudul “Let Me Go” menggabungkan perpaduan musik western dan asia, dengan sedikit memasukan lirik berbahasa Inggris. Single ini bercerita tentang seorang yg sudah terlalu sering dibohongi dan diberi janji palsu dan terus-terusan dikecewakan, hingga tak lagi mampu bertahan. Lagu ini nampaknya mendapat respon yang positif dikalangan pecinta musik tanah air, dan Mr. Bee pun menjadi salah satu boy band yang sering muncul di layar kaca.

S9B

Kedatangan Mr.Bee disusul dengan kedatangan Super 9 Boyz (S9B) yang juga terbentuk tak lama debutnya Mr. Bee. Akan tetapi bedanya boyband yang satu ini terbentuk melalui audisi boyband yang diadakan label NAGASWARA, dari audisi tersebut terpilihlah 9 lelaki berbakat yakni Rio, Imam, Kelvin, Steven, Tyo, Christz, Putra, Nico, dan Pasha.

Boyband ini menawarkan konsep yang cukup unik, mereka di bentuk seperti boyband Korea yang tampil dengan bakat menari dan bernyanyi dari masing-masing personil nya. Selain itu, Rahayu Kertawiguna (CEO NAGASWARA) menginginkan sebuah konsep fenomenal, yaitu dengan membeli lisensi hak cipta lagu “Asereje” yang pernah di populerkan oleh Las Ketchup, yang sekarang menjadi “ACDC Aha-Ehe” dan menjadi hits single mereka.

XO-IX

XO-IX (Xtra Ordinary Nine) merupakan Boyband baru yang digawangi Lee, Iras, Nicky, Hendra, Agwi, Kiki, Bobby, Alwin dan Budi. Boyband ini juga sama dengan S9B sama-sama beranggotakan 9 orang. Mereka mencoba masuk dalam industri musik Indoensia dengan menyuguhkan suatu yang beda dari yang lain. Tak hanya piawai dalam membawakan lagu, namun boyband ini juga lihai berjingkrak di atas panggung. Tak ayal, cidera juga kerap melanda salah satu anggota boyband asal Jakarta itu.

Penampilan debut pertama XO-IX dengan single pertama mereka yang berjudul ‘Cukuplah Sudah‘ XO-XI itulah lagu pertama mereka untuk menyapa para pencinta musik Tanah Air. Namun tak lama mengecap ketenaran, 2 anggota personil mereka secara iba-tiba mengumumkan hengkangnya mereka dari grup yang telah membesarkan nama mereka tersebut dan memilih untuk melanjutkan pendidikan mereka di luar negri. Personil yang keluar tersebut ialah Budi dan Bobby, sontak saja ratusan fans yang menyaksikan penampilan terakhir mereka histeris.

Girlband

Cherry Belle

Girlband Indonesia ini sempat menuai kontroversi di awal kemunculannya karena dituding menjiplak SNSD yang ada di Korea. Cherry Belle, girlband ini sebelum debut menjalani sebuah karantina dan setelah selaesai barulah mereka debut dengan single Dilema. Dengan lagu inilah mereka dapat menarik perhatian dan membawa nama mereka semakin melejit.

Girlband Cherry Belle ini beranggotakan dari sembilan gadis remaja yaitu : Cherly Yuliana Anggraini, Anisa Rahma, Margareth Angelina, Devi Noviaty, Sarwendah Tan, Yefanny F, Christy Saura Noela Unu, Jessyca Stefany Auryn, Briggita Cynthia.

Tak lama mengecap popularitas, 2 anggota Cerry Belle mengumumkan bahwa mereka keluar dari grup ini dan memilih untuk menjalani solo karir, mereka adalah Devi dan Wenda. Kini Wenda sudah menjadi istri dari host kondang Ruben Onsu.

Kini nama Cherry Belle masih ada namun tidak lagi dengan personil yang lama, melainkan dengan format yang baru. Dimana para personil Cherry Belle memilih untuk pensiun karena masing-masing dari mereka sudah pada menikah.

7 Icons

7 Icons adalah salah satu girlband Indonesia yang cukup melejit juga, mereka terkenal karena single PlayBoy. 7 Icons sendiri merupakan Girlband yang digawangi oleh 7 cewek cantik, diantaranya adalah Angela Tee, Grace Wohangara, Linzy, Mezty, Natly, PJ dan Vanilla.

Girlband ini mengusung aliran K-Pop ala girlband Korea yang memang sedang merajai tangga lagu Korea belakangan ini. Seperti Sm*sh yang lebih dulu terjun ke jagad hiburan tanah air, 7 Icons pun tampaknya akan sukses untuk meraih popularitas dikalangan remaja.

Super Girlies

Super Girlies merupakan girlband yang baru muncul di Industri musik Indonesia, mereka bertujuh (Laras, Yui, Ratu Dewi, Mega, Opie, Kinang, Sarah) merupakan cewek-cewek yang berbakat. Bergabung dengan label 18 Musik dan merilis single pertama mereka ” Malu Malu Mau”. Di lagu ini menawarkan musik yang ceria, berwarna, yang dibalut dengan aransemen yang berjiwa remaja.

Namun kini Bagai hilang ditelan bumi, mereka raip dan tak ada satupun yang bertahan hingga saat ini. Banyak yang menyebutkan hilangnya Girlband dan Boyband dari layar kaca Indonesia karena Come Backnya Ariel dengan Noah. Namun apapun itu tetap saja kita harus menghargai bahwa setidaknya mereka pernah menghibur kita. Semoga saja ada lagi The Next Boy and Girlband yang tak hanya modal tampang saja melainkan memiliki nilai jual suara yang bisa bersaing.