Danau Biru, Surga Tersembunyi Dari Sumatera Barat

Mungkin sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia memiliki keindahan yang tiada tara, baik dari keindahan laut maupun daratannya. Contohnya saja keindahan laut yang ada di Sabang dan raja empat, namun keindahan yang dimiliki Indonesia nggak cuma terletak di dua daerah itu saja karean di setiap daerah yang ada di Indonesia semua menyimpan keindahannya masing-masing. Salah satunya seperti daerah yang memiliki surga tersembunyi adalah Sumatra Barat.

Jika anda berkunjung ke Sumatra Barat, sebaiknya jangan lupa jadikan destinasi wisata ini menjadi daftar tempat yang ingin anda kunjungi saat berada di Sumatra Barat.

Danau Biru Sawahlunto

Akhir-akhir ini Danau biru yang ada di Sumtera Barat telah menjadi tranding topic di berbagai media sosial ranah minang, khususnya instagram. Bisa dilihat dari banyaknya postingan orang yang sedang berada di Danau ini. Danau biru yang terletak di Parambahan, Kecamatan Talawi ini memang masih terbilang baru.

Namun keindahan yang ditawarkan olehnya tidak bisa diremehkan. Bahkan saking indahnya, Danau biru ini menjadi surga alam baru di Sumatera Barat yang sekaligus menjadi primadona media sosial. Danau biru atau Tamosu ini memang benar-benar memiliki warna biru yang sangat indah. Bahkan saat ini Dinas Pariwisata Sawahlunto pun tengah mengembangkan kawasan tersebut menjadi objek wisata unggulan di Kota Kuali tersebut.

Memang sebelumnya Sawahlunto sangat terkenal dengan berbagai objek wisata sejarah yang dikelola sangat baik oleh Pemerintah dan Dinas Pariwisata, dengan dikelolanya Danau Biru maka objek wisata di Sawahlunto akan semakin kaya dengan tambahan kategori wisata alam yang memang tidak banyak terdapat di Kota Kecil ini.

Terkenal Melalui Sosial Media

Mencuatnya tempat wisata terbaru yang ada di Sawaluntoh ini memang tak terlepas dari sosial media, sebab dengan banyaknya orang yang menggunakan sosial media. Tentu semakin mudah memperkenalkan tempat wisata baru tersebut kepada masyarakat luas. Apalagi jika tempat wisata tersebut memiliki keindahan yang berdeda dari yang lainnya. Selain itu juga, dengan adanya sosial media akan menambah jumlah pengunjung baik dari luar kota maupun luar negeri yang penasaran dengan keindahan Danau tersebut.

Bekas Pertambangan

Danau biru Sawahlunto yang indah ini ternyata adalah sisa-sisa bekas pertambangan, seperti yang bisa kita lihat dari foto ini, bahwa banyaknya gunung-gunung batu yang berada disekeliling danau ini. Namun batu-batu dengan pepohonan yang ada di sekitar justru malah menjadikan keseluruhan pemandangan di sini sangat indah. Terbentuknya Danau biru ini memang tidak di sengaja, bahkan salah seorang warga Sawahlunto mengatakan “antah dari ma se datang aia nyo” atau entah dari mana datang air nya.

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa lokasinya yang sangat terpencil sehingga membutuhkan perjuangan ekstra untuk sampai di tempat ini. Danau Biru merupakan pegunungan bekas pertambangan batu bara. Kubangannya kemudian terisi air hujan yang ajaibnya malah terlihat seperti danau alami dengan air birunya. Jika anda ingin mengunjungi Danau ini, memang sangat sulit, mengingat tempatnya yang terpencil. Jalannya masih belum mulus. Namun karena pengunjung yang datang terus bertambah, pemerintah setempat berjanji akan segera memperbaiki sarana dan prasarana agar wisatawan bisa liburan dengan nyaman.

Selain warna danaunya yang dapat menyejukan mata, pemandangan disekitarnya pun gak kalah indahnya kok! Danau biru yang berpadu dengan pepohonan hijau di tebing tebing batu membuat tempat ini bagaikan oasis di tengah gurun. Nah, dengan keindahan seperti ini, maka sudah bisa dipastikan jika tempat ini pas untuk menjadi tempat anda berfoto-foto cantik dan kemudian bisa di shere ke sosmed.

Memang sih bukan cuma Danau bekas galian tambang di Sawahlunto ini saja yang memiliki keindahan dengan warna air yang biru jernih, sebab ada juga beberapa danau bekas galian tambang lainya yang ada di Indonesia yang juga nggak kalah indah misalnya sperti:

Danau Biru Singkawang

Danau Biru Singkawang merupakan salah satu Destinasi Andalan Di Singkawang yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Danau nan indah ini pada awalnya merupakan tempat pembersihan hasil penggalian tambang emas sehingga walaupun airnya jernih berwarna biru, danau ini tidak diperkenankan dipakai untuk berenang karena air danau ini masih mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Di Danau Biru Singkawang anda bisa menikmati pemandangannya yang mempesona sambil berfoto-foto mengabadikan pemandangan indah danau yang jarang terdapat di tempat wisata lainnya di Indonesia.

Danau Biru Sumedang

Danau ini menawarkan keindahan air danau yang jernih berwarna biru hingga kita bisa melihat dasar danau. Lokasinya yang berada di dalam hutan membuat suasana di alam sekitarnya semakin terasa indah bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Konon untuk menjaga keasrian dan kebersihan Danau Biru Sumedang, pihak pengelola melarang pengunjung untuk berenang dan mandi di danau ini. Di tempat nan indah ini anda hanya dapat menyaksikan keindahan danau sambil berfoto-foto dengan background danau yang indah ini.

Danau Biru Banjarmasin

Danau ini terletak di Desa Tambak Padi, Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Pesona air danau memang asyik untuk anda nikmati. Air danaunya yang biru jernih dan bersih menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Danau ini tercipta tidak secara alami, namun bekas galian pasir atau tambang pasir yang sudah tidak digunakan lagi. Airnya terisi secara alami dengan pemandangan hutan hijau disekitarnya menjadikan Danau Biru Banjarmasin tempat wisata yang sangat indah untuk anda kunjungi.

Danau Kaolin, Bangka Belitung

Danau Kaolin adalah sebuah danau nan indah berwarna biru dengan daratan sekitar berwarna putih. Danau ini terbentuk dari bekas pertambangan kaolin yang telah ditinggalkan dan alam menyempurnakannya dengan keindahan yang sangat menakjubkan. Pemandangan yang mempesona sepanjang mata memandang menjadikan tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk menikmati keindahan danau sambil mengabadikannya dengan foto-foto ria.

Danau Biru Majalengka

Danau ini dikelilingi oleh perpohonan yang rimbun, Danau ini terletak di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Danau Biru Bintan

Danau Biru Bintan memiliki air danau yang biru jernih yang terbentuk di bekas penggalian tambang pasir. Danau ini terbentuk di atas tanah liat yang cukup dalam. Konon karena inilah air danau berwarna biru jernih. Pada saat cuaca cerah, Danau Biru akan memncarkan air danau berwarna biru muda yang seolah-olah anda sedang minikmati hamparan lautan yang jernih.

Nah, Danau biru sawahlunto tersebut bisa menjadi daftar tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat berada di Sumatera Barat. Jadi jika berada di Sumbar jangan cuma ke jam gadang doang ya gaes!