Dermaplaning, Metode Perawatan Kulit Wajah Yang Bakal Menjadi Tren Baru

Mencukur bulu kaki dan ketiak adalah hal umum yang sering dilakukan para wanita, tapi bagaimana dengan mencukur bulu pada wajah? Kebanyakan wanita pasti tidak akan pernah mencukur wajah mereka karena beranggapan mencukur wajah dapat membuat rambut tumbuh kembali lebih tebal atau kasar dan bahkan membuat kulit wajah menjadi cepat menua. Tapi ternyata menghilangkan bulu-bulu halus pada bagian wajah bukanlah hal yang aneh. Itu justru bisa membuat kulit terlihat lebih baik.

Metode akurat yang digunakan untuk mencukur dikenal sebagai “dermaplaning”. Dermaplaning merupakan metode pengelupasan kulit efektif yang menghasilkan hasil setara dengan metode lain seperti microdermabrasion atau pengelupasan kimia buatan. Dengan metode ini bisa menghilangkan rambut di wajah pada saat bersamaan. Tapi hanya bisa dilakukan di klinik dokter atau ahli kecantikan dengan pisau bedah yang super tajam.

Pentingnya Menggunakan Metode Dermaplaning

Dermaplaning atau proses pengelupasan kulit luar serta penghilangan bulu halus di wajah dengan menggunakan pisau diprediksi menjadi tren perawatan kulit terbaru. Teknik ini sebenarnya sudah digunakan oleh Ratu Mesir Cleopatra sejak ribuan tahun lalu. Namun saat ini dikembangkan oleh peralatan yang lebih modern dan lebih aman. Sayangnya banyak orang yang khawatir melakukan dermaplaning karena mengganggap bulu-bulu halus justru akan tumbuh lebih lebat dan lebih gelap di wajah.

Menurut Saira Chaudhary, senior therapistdi HB Health of Knightsbridge, Inggris, secara umum dermaplaning menggunakan teknik mencukur pada umumnya. Dermaplaning merupakan teknik pengelupasan terbaru yang berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang telah terlanjur dibangun di atas kulit sehingga memberikan efek bercahaya di kulit wajah.

Pisau cukur yang digunakan pun tidak boleh sembarangan, misalnya dengan menggunakan pisau cukur Gillette karena pisau yang digunakan untuk dermaplaning sama sekali berbeda. Biasanya di klinik, mereka menggunakan pisau yang sangat tipis. Pisau tersebut terbuat dari titanium dan diterapkan dengan sudut kemiringan 45 derajat. Posisi tersebut dapat mengangkat lapisan kulit mati yang dangkal sekaligus bisa menghilangkan bulu halus di wajah.

Fungsi lain dari pisau tersebut adalah untuk menghilangkan rambut “vellous” kecil atau lapisan halus “rambut persik” yang dimiliki oleh kebanyakan dari kita. Ketika kita menyingkirkan rambut itu, wajah akan terlihat sangat bersih karena foundation atau bedak tidak melekat pada rambut kecil, maka metode ini juga mempermudah mereka untuk menggunakan makeup.

Manfaat Bila Menggunakan Dermaplaning

Terdapat dua nama legendaris yaitu Marilyn Monroe dan Elizabeth Taylor yang sudah melakukan hal ini sejak dulu. Bagi mereka yang menjaga kecantikan kulit wajah, mencukur bulu wajah sudah bukan hal yang lazim lagi untuk dilakukan. Apalagi untuk mencukur bulu wajah, itu merupakan salah satu kegiatan yang ditekuni oleh banyak wanita Jepang menurut mereka.

Lalu, apa sih manfaat dari mencukur bulu wajah bagi cewek atau yang biasa disebut sebagai dermaplaning itu?

1. Dermaplaning Berfungsi Untuk Menghilangkan Bulu Halus Pada Wajah

Mencukur bulu pada wajah bertujuan untuk menyingkirkan bulu-bulu halus yang terdapat di wajah. Banyak perempuan yang mengeluh karena wajahnya ditumbuhi bulu halus seperti di bagian atas bibir. Untuk menghilangkan bulu halus yang terdapat di atas bibir, salah satunya adalah dengan mencukur bulu wajah.

Namun banyak orang yang sampai sekarang masih berpikir bahwa metode waxing lebih baik dibandingkan mencukur bulu wajah. Padahal metode pencukuran bulu wajah lebih aman dibandingkan waxing. Hal ini dikarenakan pencukuran bulu wajah tidak mencabut bulu hingga ke akarnya karena apabila bulu wajah dicabut hingga akarnya, maka akan berdampak pada fungsi saraf tertentu.

2. Make-up Akan Lebih Mudah Menyerap ke Wajah

Pencukuran wajah yang dilakukan akan menstimulasi peredaran darah dan meningkatkan reaksi imun kulit serta memaksimalkan kemampuan kulit untuk menyerap formulasi produk kecantikan yang akan digunakan. Wajah yang bersih dan bebas bulu akan membuat aplikasi riasan di wajah lebih mudah, nggak terdistorsi, halus dan nampak lebih bercahaya. Sehingga akan mendapatkan hasil make-up yang lebih flawless dan make-up menjadi lebih menyatu dengan kulit.

3. Membersihkan Lapisan Kulit Paling Luar Dengan Mengangkat Sel Kulit Mati

Teknik pencukuran bulu pada wajah rupanya berfungsi untuk mengelupas sel-sel kulit mati yang ada di permukaan wajah. Sel-sel kulit mati ini tidak akan hilang hanya dengan melakukan facial saja. Wajah pun akan terlihat lebih bersih dan cerah ketika sel-sel kulit mati terangkat. Banyak yang bilang bahwa mencukur bulu wajah dinilai lebih ampuh daripada facial karena teknik ini diakui lebih ampuh.

4. Mencegah Munculnya Komedo dan Jerawat

Tidak hanya mampu mengangkat sel kulit mati saja, mencukur bulu wajah mampu membuat pori-pori menjadi bersih dan terbuka. Selain itu mencukur bulu wajah juga mampu mencegah penyumbatan bakteri atau kotoran yang mampu membuat wajah ditumbuhi jerawat dan komedo.

Setelah selesai melakukan pencukuran bulu wajah, basuhlah wajah dengan air dingin sehingga pori-pori kembali menutup setelah proses pencukuran. Bagi kalian yang ingin menghilangkan komedo dan jerawat di wajah, tidak ada salahnya kok untuk mencoba mencukur bulu wajah.

5. Membuat Wajah Tampak Lebih Awet Muda

Terkelupasnya sel kulit mati di permukaan wajah mendorong pergantian lapisan kulit dengan cepat. Mencukur akan memicu produksi kolagen di wajah yang berfungsi untuk mengurangi kerutan wajah. Secara fisik, pisau cukur melakukan pengelupasan alami pada kulit sehingga sangat baik untuk mencegah penuaan. Oleh akrena itu kalian akan terlihat lebih awet muda.

6. Meningkatkan Regenerasi Sel Kulit Baru

Ketika sel kulit mati terkelupas maka lapisan kulit akan diganti dengan cepat. Ketika kalian melakukan metode mencukur bulu halus pada wajah maka produksi kolagen akan terpicu dan mampu meminimalisir kerutan wajah.

Ketika akan mencukur bulu wajah, kalian harus menggunakan pisau cukur yang lurus. Pisau cukur ini tidak sama dengan pisau cukur bulu kaki. Pastikan wajah dalam kondisi kering dan oleskan krim cukur pada waja, kemudian cukurlah dengan perlahan dan gerakan teratur sesuai dengan arah tumbuh bulu.

Jangan terlalu menekan pisau cukur dan jangan mencukur di area yang sama berulang kali. Bilaslah area yang sudah dicukur dengan air hingga bersih, oleskan pelembab. Cucilah alat cukur dengan alkohol untuk meminimalisir kemungkinan bakteri berkembangbiak. Usahakan tidak mencukur di kamar mandi karena akan membuat iritasi dan kulit lebih banyak terkelupas.

Dampak Umum Akibat Mencukur Bulu Wajah

Mencukur bulu wajah bagi wanita memang harus sangat diperhatikan agar tetap aman untuk kesehatan dan kecantikan. Kecantikan wajah memang menjadi hal yang amat penting bagi wanita karena dari situlah ia terlihat cantik dan menarik. Oleh karena itu, mencukur bulu di wajah harus dilakukan dengan cara benar agar tidak berbahaya.

Tidak bisa dipungkiri juga kalau mencukur bulu halus ini bisa membuat wajah kita menjadi lebih halus dan cara ini dianggap bisa mengangkat kulit mati yang ada di wajah. Namun jika pencukuran yang dilakukan di atas mulut dan sekitar pipi maka kegiatan ini dianggap terlalu harsh bagi kulit wajah. Selain itu, kegiatan ini juga menyebabkan kulit lebih sensitif dan membuat kulit lebih tipis jika sering melakukan pencukuran.

Nah, bagi kalian yang belum pernah melakukan pencukuran, mungkin kalian akan bertanya-tanya apakah hal ini tidak menimbulkan rasa sakit? Jawabannya adalah tidak jika kalian menggunakan alat cukur yang tepat dan cara pencukurannya pun dengan arah dan gerakan yang benar.

Namun yang perlu diketahui bahwa pencukuran ini tidak akan menghilangkan bulu secara permanen melainkan pada kemudian hari bulu tersebut bisa saja muncul kembali. Pertumbuhan bulu halus ini tidak akan berubah, baik tekstur maupun warnanya. Berbeda dengan bulu di kaki dimana setelah dicukur rambut tumbuh lebih lebat dan tekstur yang tebal.

Berdasarkan beberapa pendapat yang ada, terdapat sebuah solusi yang bisa kalian lakukan jika kalian sudah terlanjur sering melakukan pencukuran bulu halus. Sebagai wanita, pastinya kita ingin mendapatkan kulit yang mulus dan halus dengan make up yang sempurna. Oleh karena itu, masih diperbolehkan bagi kalian yang melakukan pencukuran satu kali dalam seminggu asal jangan terlalu sering. Selain itu, jangan mencukur bulu dalam keadaan wajah yang kering, kalian bisa mengaplikasikan gel atau cream untuk menghindari iritasi yang timbul.

Penyebab Tumbuhnya Bulu Wajah

Memiliki bulu halus di wajah seperti kumis halus pada wanita mungkin akan menambah kesan seksi dan memikat tetapi bagaimana jika bulu halus juga tumbuh di area sekitar pipi, dagu dan kening. Tentu hal itu sangat mengganggu bukan? Lalu mengapa hal itu dapat terjadi? Apa penyebab tumbuhnya bulu di area wajah? Berikut di bawah ini adalah jawabannya.

1. Faktor Keturunan

Sifat genetis atau keturunan dari semua mahkluk hidup termasuk manusia, dibawa oleh DNA. Itu berarti bentuk tubuh, normalnya sebuah sistem organ dan berbagai hal yang terdapat dalam tubuh merupakan penggabungan DNA dari ayah dan ibu sehingga kita memiliki berbagai macam sifat ayah dan ibu. Demikian pula untuk bulu yang tumbuh di sebagian maupun seluruh kulit tubuh seseorang yang dipengaruhi dari faktor keturunan atau orang tuanya terdahulu. Baik dari orang tua secara langsung maupun kakek nenek dan riwayat para pendahulunya.

2. Obat

Beberapa obat yang berkaitan dengan hormon dan juga obat-obatan untuk penderita hipertensi seperti pil KB, steroid, antidepresan dan lain-lain juga dapat berkontribusi untuk pertumbuhan rambut wajah yang berlebihan.

3. Akibat Terlalu Sering Mencukur

Ketika kita melakukan pencukuran dengan frekuensi yang tinggi maka akan meningkatkan hormon pertumbuhan sehingga merangasang pembuluh darah semakin memompa berbagai jenis protein untuk melakukan regenerasi. Dalam waktu yang sering dan lama tubuh juga akan terbiasa sehingga aliran darah juga menetap. Dalam kurun waktu yang cepat, bulu akan tumbuh tetapi tidak tumbuh secara maksimal. Maksudnya yaitu bulu tidak akan menjadi kasar akibat tubuh kehilangan waktu paruh dalam mengkode protein tertentu untuk pertumbuhan.

Di pasaran, sering kita jumpai penjualan bebas krim wajah yang berfungsi menghilangkan bulu wajah secara permanen. Namun pada penggunaan yang tidak wajar, krim tersebut malah akan mengakibatkan hal sebaliknya. Bukan bulu yang tidak tumbuh tetapi malah kulit yang akan mengalami regenerasi cepat yang memicu kanker.

4. Hormonal

Hormon berpengaruh terhadap pertumbuhan bulu. Gangguan hormon dapat meningkatkan pertumbuhan organ luar semakin cepat, sedangkan pada organ dalam akan terjadi defisit pertumbuhan. Ini termasuk dalam pertumbuhan bulu dan lokasi tumbuhnya bulu.

5. Penuaan

Pertumbuhan rambut berlebih pada area wajah biasanya juga dialami oleh orang yang memasuki usia 50 tahun. Pada usia tersebut tubuh mulai memproduksi sedikit esterogen dan memproduksi banyak hormon testoteron.

Cara Menghilangkan Bulu Wajah Secara Alami

Sebenarnya, untuk menghilangkan bulu pada wajah ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya seperti dermaplaning atau penggunaan krim. Tapi tak sedikit juga krim wajah yang dijual bebas di pasaran mengandung zat berbahaya yang justru bisa membuat bulu pada wajah semakin lebat.

Kandungannya tidak diketahui secara pasti apakah dapat menimbulkan efek alergi pada beberapa kulit sensitif tertentu. Oleh karena itu, dalam perawatan wajah disarankan menggunakan bahan alami yang diharapkan memiliki efek non alergi karena bersifat non protein.

Berikut ini cara menghilangkan bulu di wajah secara alami menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dipraktekkan.

* Tepung Gram *

Tepung gram yang dicampur dengan susu murni juga dapat menghilangkan bulu di wajah. Cara ini sudah sering digunakan oleh wanita India dan kini saatnya bagi kalian yang mencobanya. Gosok-gosokkan campuran tersebut pada area wajah dan leher selama sekitar 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

* Putih Telur *

Putih telur juga berfungsi sebagai penghilang bulu di wajah. Nah, selain sebagai penghilang bulu, putih telur juga mempunyai peran yang amat penting, yaitu bisa memutihkan kulit wajah. Tidak hanya sebagai penghilang bulu di wajah, putih telur juga bisa menghilangkan bulu pada kaki dan tangan. Kocok putih telur sampai mengental lalu gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

* Kunyit *

Kunyit atau kunir mungkin selama ini hanya dikenal sebagai salah satu bumbu masak di dapur. Namun faktanya adalah kunyit mampu menjadi pilihan untuk menghilangkan bulu di wajah dengan lebih efektif. Caranya adalah dengan rutin menggunakan masker berbahan dasar kunyit pada wajah. Kandungan kurkumin dalam kunyit mampu bekerja efektif dalam menghambat pertumbuhan rambut halus di wajah.

* Pepaya *

Kandungan papain di dalam buah pepaya berperan aktif untuk mengurangi bulu pada wajah. Potong beberapa pepaya mentah lalu haluskan dengan blender. Campurkan dengan bubuk kunyit sampai membentuk pasta sempurna. Aplikasikan campuran ini sebagai masker wajah selama 30 menit setiap hari dan rasakan perbedaanya.

* Madu, Lemon dan Gula *

Campuran antara madu, lemon dan gula bisa menjadi perekat yang membantu mengangkat bulu di area wajahmu. Cara yang satu ini hampir mirip dengan waxing yang sering dilakukan di salon kecantikan, namun bedanya kalian harus membuatnya sendiri di rumah, tentunya cara ini bisa sekaligus menghemas biaya bukan?

* Scrub Gula Pasir dan Lemon *

Selanjutnya kalian bisa mencoba membuat scrub dari gula pasir dan lemon. Scrub ini bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati di area kulit. Tak heran kalau banyak juga yang memanfaatkannya untuk membuat bibir terlihat merah secara permanen.

* Gulali *

Mungkin ini terdengar sedikit gila, namun gulali memang sudah banyak dicoba sebagai salah satu treatment penghilangan bulu di wajah. Kalian dapat membuat sendiri gulali dengan cara mencampurkan gula dan air lalu mendidihkannya sampai mengental. Tunggu sampai agak dingin lalu balurkan pada area wajah yang ditumbuhi rambut. Angkat gulali dengan kain hangat lalu bersihkan kulit wajah. Cara ini merupakan salah satu cara alami yang kerap sekali digunakan dan hasilnya memang benar-benar menakjubkan.

* Lidah Buaya *

Lidah buaya merupakan pilihan selanjutnya untuk menghilangkan bulu di wajah. Caranya sangat mudah yaitu dengan rutin mengoleskan gel lidah buaya pada area wajah dan leher setiap hari. Tanaman ini juga akan menjadikan kulit lebih lembab dan ternutrisi setiap hari.

* Tawas dan Mawar *

Campuran air mawar dan tawas terkenal sudah sejak dulu. Campuran ini katanya juga mampu menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi rambut yang membandel pada wajah. Selain dapat menghilangkan bulu pada wajah, tawa juga bisa menjadi alternatif cara menghilangkan bulu kemaluan dan bulu pada kaki dan tangan secara aman lho. Tumbuk terlebih dahulu tawas sampai halus, setlah itu baru bisa kalian terapkan pada wajah. Cara ini dilakukan agar tidak menimbulkan luka pada wajah.

Bagi kalian yang ingin menghindari pengelupasan sel kulit mati dengan produk kimia akan lebih baik menggunakan metode dermaplaning atau kalian juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang sudah disebutkan di atas tadi tetapi hasil yang kalian terima pasti juga akan lebih lama dibandingkan dengan langsung menggunakan metode dermaplaning.

Gimana para ladies, mudahkan? Hanya dengan beberapa menit, kalian akan langsung mendapatkan hasil kulit yang lembut dan cantik. Akan tetapi satu hal yang perlu kalian ingat, dermaplaning agak riskan jika digunakan bagi mereka yang memiliki jerawat aktif.