Sering Salah Sebut? Ternyata Inilah Perbedaan Katak dan Kodok

Mungkin kita semua menganggap bahwa kodok dan katak itu sama, namun ternyata keduanya binatang ini berbeda lho guys! Kira-kira apa ya yang membedakan mereka? Dari pada penasaran yuk simak perbedaan mereka di artikel ini.

Serupa tapi tak sama, sekilas mungkin banyak yang menyangka bahwa kodok dan katak itu sama saja, namun ternyata mereka memiliki perbedaan yang signifikan lho guys!

Hewan amfibi katak biasanya dapat dengan mudah ditemukan di sungai, sawah atau danau. Namun sering kali katak dianggap sama dengan kodok karena mereka memiliki bentuk tubuh yang serupa. Bahkan banyak orang yang menggunakan kedua nama hewan tersebut sebagai sinonim yang saling menggantikan. Pada kenyataannya, katak dan kodok merupakan hewan yang berbeda.

Dalam bahasa Inggris saja, keduanya memiliki nama yang juga berbeda. Tidak hanya dalam bahasa Indonesia saja, tetapi juga pada bahasa Inggris. Hal ini setidaknya sudah membuktikan bahwa katak dan kodok merupakan hewan yang berbeda. Katak dikenal sebagai toad sedangkan kodok dikenal sebagai frog. Untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan mengenai perbedaan antara katak dan kodok berikut ini.

Perbedaan Katak dan Kodok

  • Kulit

Dari segi kulit, katak memiliki kulit yang halus dan cenderung lembap. Selain itu, kulit katak berlendir. Warna kulit katak lebih bervariasi, mulai hijau zaitun, kuning, abu-abu, hingga cokelat. Kemudian untuk kodok umumnya memiliki kulit yang sangat kasar, berbintil-bintil dan kering. Karena itu, kodok dapat bertahan lebih lama di tempat yang kering. Kulit kodok biasanya berwarna cokelat.

  • Bentuk Telur

Biasanya telur telurnya bergerombol seperti anggur. Beberapa betina katak pohon akan membawa telur telur itu ke punggungnya, menjaga sampai menetas. Dan saat kecebong lahir, induknya akan meninggalkan mereka. Berbeda dengan kodok yang memiliki bentuk telur seperti memanjang, mirip rantai dan diletakkan di tanaman air. Kodok tidak meninggalkan anak-anaknya meski sudah menjadi kecebong.

  • Bentuk Tubuh

Katak memiliki bentuk tubuh yang terlihat ramping dan cenderung atletis, walaupun ada juga yang tidak. Namun untuk kodok sendiri, hampir semua spesies kodok memiliki bentuk tubuh yang gemuk dan pendek.

  • Gigi katak dan kodok

Katak memiliki gigi untuk mencengkram makanan mereka (bukan mengunyah). Akan tetapi kodok tidak memiliki gigi

  • Jari

Perbedaan lainnya juga dapat Anda lihat pada jari-jari kedua hewan ini. Katak memiliki ujung jari yang berbentuk sangat kecil, yang dapat digunakan untuk menempel di pohon, sedangkan kodok memiliki jari yang menyerupai seperti cakar, yang dapat di gunakan untuk menggali.

  • Tungkai

Katak memiliki tungkai yang kuat, bahkan tidak hanya itu saja, namun jika diperhatikan maka tungkai katak akan terlihat lebih panjang dan juga berselaput. Sedangkan untuk kodok, tungkai bagian belakang pendek dan hewan ini tidak pandai melompat

  • Cara Bergerak

Jika katak bergerak dengan cara melompat dan jarang merangkak. Lompatan katak bisa lebih panjang dari tubuhnya. Namun lain hal dengan kodok, ia bergerak dengan cara merangkak. Jika melompat, lompatannya lebih pendek dari panjang tubuhnya.

  • Racun

Katak: Tidak beracun
Kodok: Ada yang beracun. Kelenjar yang menonjol di bagian leher dan pundak memancarkan racun ringan.

  • Habitat

Ternyata mereka punya habitat yang berbeda juga lho, jika katak hidupnya di pohon, sungai, danau, rawa, sawah dan lain-lain. Namun kodok bisa hidup di tepi sungai, sekitar rumah dan kayu lapuk.

  • Di Olah sebagai Makanan

Katak dapat dimakan, namun kodok justru tidak bisa dimakan karena ada sebagian jenis kodok yang beracun dan sangat mematikan. Bahkan Indonesia dikenal sebagai pengekspor paha katak yang terbesar di seluruh dunia. Paha katak memiliki rasa yang enak layaknya paha ayam. Paha katak ini tidak hanya diekspor ke luar negeri tetapi juga banyak dijadikan bahan makanan di Indonesia. Itulah perbedaan katak dan kodok secara ilmiah yang dapat Anda ketahui.

  • Berdasarkan Penyebarannya

Berdasarkan penyebarannya, katak dalam family Ranidae bisa ditemukan diseluruh dunia kecuali Antartica. Anggota dari family ini diantaranya bullfrog, common frog, green frog, leopard frog, marsh frog, pickerel frog dan wood frog. Jika kodok bisa ditemukan diseluruh dunia kecuali Australia, daerah tundra, Madagaskar dan Polynesia. Kodok tebu (Bufo marinus) bukanlah kodok spesies asli dari Australia, tetapi kalau spesies asli katak Australia cukup banyak.

Itulah beberapa perbedaan yang dimiliki oleh katak dan kodok, nah sekarang kalian nggak bisa bilang bahwa kodok dan katak itu sama ya guys!