Monster Laut Paling Menakutkan di Jaman Prasejarah

Bicara soal keindahan laut emanglah tiada duanya, bahkan setiap negara memiliki keindahan lautnya masing-masing. Contohnya saja Indonesia, ada sabang yang juga sering disebut sebagai surga bawah laut dan satu lagi yang juga gak kalah indah dan bahkan menjadi tempat idaman para pengantin baru untuk berbulan madu, yaitu Maldives dan masih banyak laut-laut lainnya yang gak kalah indah.

Keindahan yang dimiliki laut-laut tersebut memang benar adanya, akan tetapi siapa yang menyangka jika didalam laut tenyata juga pernah ada hewan laut yang menyeramkan dan bisa dibilang sebagai monster laut.

Jika di daratan, kita telah mengetahui ada dinosaurus yang pernah menjadi penguasa dibumi tanpa ada yang mengganggu, bahkan sampai selama 135 juta tahun, mungkin jika tidak kena hantaman benda angkasa di bumi 65 juta tahun lalu, pasti binatang rasaksa ini masih menjadi penguasa dibumi, duh gak kebayang deh di depan rumah kita lalu-lalang dinosaurus.

Tetapi yang harus kalian tau juga adalah jika tak hanya hewan darat saja yang menjadi terbesar, terkuat dan paling menyeramkan di jaman itu. Ternyata ada juga hewan laut yang gak kalah besar, kuat dan menyeramkan. Nah jika kalian penasaran hewan laut apa saja sih yang pernah menguasai lautan?

Berikut ini adalah monster laut yang pernah menghuni lautan di masa prasejarah:

Thalattoarchon Saurophagis

Thalattoarchon saurophagis yang dalam bahasa yunani berarti “kadal pemakan kera laut”. Hewan ini memiliki bentuk kerangka tunggal, holotipe FMNH PR 3032 , yang terdiri dari Tengkorak parsial, kolom vertebral, tulang pinggul dan bagian sirip belakang. Panjang total Thalattoarchon diperkirakan paling sedikit 8,6 meter (28 kaki).

Hewan monster yang satu ini dianggap sebagai salah satu macropredator laut pertama yang mampu memakan mangsa yang serupa ukurannya dengan dirinya sendiri. Ini adalah spesies awal Ichthyosaurus yang hidup selama periode Trias, 244 juta tahun yang lalu.

Karena mereka hidup lama setelah kepunahan Permian (kepunahan massal terbesar bumi, ketika 95% dari kehidupan laut diperkirakan telah hancur), penemuannya memberikan para ilmuwan wawasan baru tentang pemulihan ekosistem.

Shastasaurus

Sekilas mungkin kita melihat binatang yang satu ini hampir mirip dengan lumba-lumba modern, makhluk ini mampu mencapai ukuran besar selama periode Triassic lebih dari 200 juta tahun lalu. Shastasaurus adalah spesies reptile laut terbesar yang pernah ditemukan, Hewan ini bisa mencapai panjang 20m, jauh lebih panjang dari pada kebanyakan predator laut lainnya.

Akan tetapi dibalik bentuk tubuhnya yang begitu panjang dan besar, ternyata makhluk ini tidak begitu mengerikan, karena ia hanya memakan ikan-ikan yang berukuran kecil saja.

Dakosaurus

Hewan monster yang satu ini pertama kali ditemukan di negara Jerman. Dakosaurus adalah salah satu predator teratas di lautan selama sisa jaman Jurassic.

Fosil-fosil dakosaurus ditemukan di banyak tempat di seluruh dunia, dari Inggris hingga Argentina. Hewan ini sering juga di sebut-senut mirip dengan buaya modern, bahkan hewan ini memiliki panjang hingga 5 meter. Memiliki gigi yang besar, membuat para ilmuwan ingin meyakini bahwa hewan ini adalah predator puncak di masanya.

Thalassomedon

Thalassomedon adalah spesies pliosaurus yang namanya diambil dari bahasa Yunani yang berarti “dewa laut”. Sangat beralasan. Mereka adalah predator besar, mencapai panjang hingga 12 meter, dengan sirip sepanjang hingga 2 meter, yang memungkinkannya berenang di laut dalam secara efisien sekaligus mematikan.

Hewan ini adalah predator puncak selama periode akhir masa Cretaceous, sebelum tempatnya diambil alih oleh predator baru yang lebih besar seperti Mosasaurus.

Mosasurus

Mosasurus adalah hewan yang terbilang kolosal. Hewan yang satu ini menunjukkan bahwa ia bisa mencapai sepanjang 15 meter, hal ini lah yang membuatnya menjadi salah satu predator laut terbesar dari periode Cretaceous.

Bentuk kepala Mosasaurus mirip seperti buaya, dilapisi dengan ratusan gigi tajam bagaikan pisau cukur yang bisa membunuh bahkan musuh yang dilapisi dengan kulit sangat tebal sekalipun.

 

Megalodon

Dari beberapa hewan yang ada diatas, inilah hewan predator terbesar di dalam sejarah lautan, dan hiu ini merupakan yang paling terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah. Seperti namanya, hewan ini memang besar, dan menakutkan.

Bayangkan saja, rahangnya bisa mencapai 1/2 meter dan memiliki gigi berjeruji seperti gergaji dengan 2 deretan gigi di atas dan bawah. Hewan ini mampu mencapai panjang lebih dari 20 meter, bahkan lebih panjang dari sebuah bis, dan hiu ini hidup di jaman Cenozoic.

Itulah beberapa monster laut yang pernah menghuni lautan di jaman prasejarah, untung aja ya di jaman sekarang gak ada lagi.