Inilah Binatang Paling Jelek Yang Ada Di Dunia

Tuhan menciptakan setiap mahkluk hidup tentunya dengan tujuannya masing-masing. Tiada ciptaan Tuhan yang tidak memilliki manfaat. Misalnya saja binatang, Tuhan menciptakan binatang dengan bentuk yang berbeda-beda dan unik-unik. Nah kali ini mimin bakal ngebahas tentang hewan dengan wajah paling jelek.

Berikut inilah binatang dengan wajah terjelek:

Blobfish

Jika ada kompetisi hewan dengan wajah terjelek di dunia mungkin binatang ini bakalan keluar sebagai juara pertama, karena binatang yang dinamakan Blobfish ini adalah hewan terjelek yang pernah ada di muka bumi. Orang yang melihatnya mungkin berpikir, tidak akan ada lagi hewan yang berwajah super jelek dari pada ikan ini. Blobfish banyak ditemukan di perairan Pacific Selatan dan hidup di kedalaman laut yang paling dalam.

Blobfish, ikan dengan nama latin Psychrolutes marcidus ini memiliki bentuk yang mirip dengan agar-agar yang kepadatan lebih rendah dari pada air. Hal tersebut membuatnya bisa melayang-layang dengan bebas di dalam air. Karena hidup di laut yang dalam, jarang sekali Blobfish berjumpa dengan manusia.

Ikan yang ‘seolah berwajah cemberut’ ini menjadi maskot resmi kelompok yang mengurus binatang yang dianggap buruk, Ugly Animal Preservation Society. Komunitas ini dibentuk sebagai badan komedia bertema sains yang kemudian mengganti maskot untuk menarik perhatian bagi spesies yang terancam punah dengan bentuk yang tidak biasa. Pengumuman binatang berbentuk paling buruk ini diumumkan di Festival Sains Inggris di Newcastle.

Bekantan

Jika tadi hewan air, nah kali ini adalah hewan darat. Ia adalah Monyet Bekatan, monyet yang berhidung panjang ini bisa ditemukan di pulau Asia Tenggara Kalimantan. hidung memaksakan kehendak yang membuat makhluk hidup langka ini mudah diidentifikasi. monyet-monyet ini lahir dengan wajah biru dan hidung kecil. Akan tetapi perubahan warna wajah dan hidung menjadi lebih besar dan lebih panjang membuat mereka terlihat jelek.

Monyet berhidung panjang ini bertahan hidup terutama pada daun, biji dan buah-buahan mentah, tapi mereka kadang-kadang memakan serangga juga. Selama lebih dari 40 tahun, monyet ini populasinya telah jatuh. Mereka saat ini dilindungi dan terdaftar di antara spesies yang terancam punah.

Habitat asli hewan jelek ini lebih sering dijumpai di rawa-rawa. Bekatan lebih senang hidup berkelompok dengan jumlah 20-30 ekor dan mereka lebih sering menghabiskan waktu di atas pohon.

Naked Mole Rat

Paling banyak ditemukan di sejumlah wilayah di Afrika Timur, tubuhnya yang tidak tertutupi kulit membuatnya seakan seperti telanjang. Hewan pengerat ini menghabiskan waktu hidupnya dengan tinggal di bawah permukaan tanah.

Tidak dilengkapi dengan kelenjar keringat dan lemak, naked mole rat memiliki ciri-ciri tubuh besar, gigi menonjol dan rahang yang kuat untuk menggali lubang di dalam tanah. Hidup di dalam tanah, apa yang tikus ini makan untuk bertahan hidup? Jawabannya adalah tumbuhan. Bagian tumbuhan yang berada di dalam tanah adalah makanan utama tikus jelek ini.

Meskipun terlihat rentan dengan tubuh yang seolah-olah telanjang, ternyata kulitnya tidak sensitif terhadap rasa sakit. Tikus ini juga tidak bisa terkena kanker.

Aye-Aye

Dengan bentuk jari yang seperti penyihir, Aye Aye adalah hewan primata yang tinggal di hutan hujan Madagaskar. Sekilas bila dilihat, bentuk Aye Aye terlihat seperti hewan pengerat. Jari panjangnya yang seperti penyihir digunakan untuk memakan serangga dan belatung dari pohon.

Hewan ini berburu binatang-binatang kecil dengan jari tengahnya yang panjang. Aye-Aye juga jago melompat dari pohon ke pohon. Sayangnya keberadaan hewan satu ini makin langka. Bukan karena seleksi alam, tapi lantaran penduduk sekitar memburunya habis-habisan gara-gara hewan ini dianggap pembawa sial. Tak jarang juga yang takut untuk membutunya karena takut akan kutukan.

Warthog

Jika bentuk babi asli saja sudah jelek, namun babi yang satu ini juga gak kalah jeleknya. Hewan ini mewrupakan hewan paling jelek yang salah satu pernah di temukan. Babi ini memiliki kepala datar dan tangguh moncong. Mereka sebagian besar botak, tetapi mereka memiliki beberapa rambut tipis dan ikal tebal di punggung mereka.

Ketika Warthog laki-laki berbenturan, mereka menghancurkan segala sesuatu bersama-sama dengan kepalanya dalam upaya untuk menentukan yang terbaik satu sama lain. Mereka umumnya memakan tanaman dan rumput dan menggunakan moncong mereka untuk menggali akar. Mereka biasa tiba-tiba lari cepat ketika mereka merasa terancam.

Warthog bisa berlari hingga 48 kilometer dalam satu jam. Mereka bisa hidup lama tanpa air dalam cuaca kering. Ketika air tersedia, mereka mendinginkan diri di dalamnya. Mereka seperti serangga. Burung membantu mereka melawan musuh dengan pelatuk dan spesies lainnya.

Batfish (Ikan Bibir Merah)

Melihat penampilan ikan yang satu ini, mungkin Anda akan tersenyum geli. Ikan ini memang unik, lain daripada yang lain. Ia memiliki ciri khas yang hampir tidak dijumpai oleh ikan-ikan lainnya.

Ikan-ikan aneh umumnya ditemukan di sekitar Kepulauan Galapagos dan dekat Peru. Penyelam bisa bertemu ikan ini di kedalaman lebih dari 100 kaki, akan tetapi mereka jarang di temui. Para ilmuwan menilai bahwa alasan mereka memiliki bibir merah terang dari spesies ini adalah untuk menarik lawan jenis. Panjang maksimum bibir merah dari ikan batfish ini sekitar 40 cm.