Senecio Peregrinus, Tanaman Yang Menjelma Menyerupai Lumba-Lumba

Seperti yang ketahui, di dunia ini ada banyak sekali berbagai macam jenis tanaman. Mulai dari bentuk yang paling kecil hingga memiliki bentuk yang paling besar. Dari yang berbentuk biasa hingga yang berbentuk luar biasa. Bagaimana bentuk tanaman yang luar biasa tersebut? Misalnya saja seperti tanaman yang menyerupai bentuk hewan.

Di era sekarang ini, tanaman dengan bentuk seperti itu memang bukan hal yang tabuh lagi. Pasalnya tanaman yang menyerupai bentuk hewan memang lagi tren sekarang ini. Kalau kemarin kita semua sempat dihebohkan dengan tanaman berbentuk kelinci, kali ini muncul lagi penemuan tanaman unik berbentuk lumba-lumba yang kembali membuat gempar publik. Tanaman tersebut menjadi viral berkat seseorang yang telah menggunggah fotonya di salah satu media sosial.

Diketahui, tanaman tersebut berasal Jepang, yang memiliki nama latin Senecio Peregrinus. Ia adalah mode terbaru dari dunia flora. Sekumpulan daun mungil dari tanaman ini memiliki bentuk yang amat mirip dengan lumba-lumba. Bagian terbaik adalah ketika tanaman ini tumbuh semaki tinggi, maka ia akan tampak lebih mirip seperti lumba-lumba aslinya.

Termasuk Dalam Jenis Tumbuhan Kaktus

Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya. Kaktus biasanya memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama walaupun tanpa air.

Kaktus sendiri memiliki berbagai macam jenisnya. Mulai dari bentuknya yang kecil hingga kaktus yang memiliki bentuk paling besar. Nah, berbicara mengenai tanaman kaktus, ternyata tanaman unik yang berbentuk lumba-lumba tersebutjuga termasuk salah satu jenis kaktus.

Tanaman lumba-lumba mini ini tersebur merupakan sejenis kaktus dengan nama latin Senecio Peregrinus. Kaktus itu merupakan hasil persilangan antara Senecio Articulates dan Senecio Rowleyanus. Keunikan dari Senecio Peregrinus dari kaktus yang lain adalah bentuknya yang lonjong melengkung dengan cabang kecil yang menyerupai sirip. Bentuknya kerdil dan biasa dijadikan tanaman hias dalam pot kecil. Tak heran jika kaktus ini menjadi primadona dan banyak dicari oleh para pecinta tanaman hias.

Menjadi Primadona Karena Bentuk Lucunya

Kita semua tahu bahwa lumba-lumba adalah jenis mamalia yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba.

Nah, ternyata tidak hanya hewannya saja yang memiliki tubuh sangat kompleks, tanaman ini juga sama seperti hewan aslinya. Bentuknya yang unik, warna yang cantik, tubuhnya yang menggemaskan dan munggil membuat tanaman ini menjadi incaran. Nggak heran kalau tanaman ini menjadi primadona saat pertama kali ditemukan.

Bukankah setiap jenis tanaman yang terwujud ke dunia memang mempunyai kekhasan masing-masing? Begitupun yang terjadi dengan tanaman unik ini. Tercipta karena memiliki bentuk yang amat persis dengan lumba-lumba membuatnya menjadi incaran untuk setiap mata yang melihatnya.

Jenis Tanaman Unik Lainnya

Ada banyak berbagai macam tanaman yang hidup dan berkembang di seluruh penjuru dunia ini. Ada yang karena disengaja dan ada juga yang karen aatidak disengaja. Namun ada pula beberapa tanaman yang mempunyai bentuk unik bahkan sampai terbilang aneh.

Beberapa diantara kita pasti pasti tidak menyadari tentang keberadaan tanaman-tanaman dibawah ini. Berikut adalah tanaman unik di alam semesta ini, bahkan sangkin uniknya, kadang tanaman dibawah ini sering terlihat aneh, menyeramkan dan kurang sopan.

1. Lithops Julii

Keanehan tanaman ini terletak pada caranya menghindar dari pemangsa. Jika tanaman lain memiliki duri, getah, bau busu atau bahkan rasa pahit, itu semua berbanding terbalik dengan tanaman ini. Ia akan berpura-pura menjadi batu untuk menghindari herbivora. Cara perkembangbiakannya juga cukup unik. Pertama tanaman akan membelah diri kemudian akan tumbuh tunas diantara keduanya. Warna yang ditemukan mulai dari putih keabuan, abu-abu dan cokelat.

2.  Psychotria Elata

Tanaman yang juga dikenal dengan nama Hooker’s Lips atau Hot Lips Plants ini hanya ditemukan di Hutan Hujan di negara-negara Amerika Tengah dan Selatan, misalnya di Kosta Rika, Kolombia, Ekuador dan Panama.

Bunga ini masuk dalam genus Psychotria, masuk ke dalam family Rubiaceae, bangsa ordo Gentianales. Keunikan lainnya yang terdapat pada bunga ini adalah berfungsi untuk menarik hewan agar dapat membantu proses penyerbukan. Kupu-kupu dan kolibri yang biasanya tertarik pada bunga ini.

3. Ghost Orchid Epipogium Aphyllum

Diberi nama ghost dikarenakan tanaman ini sudah punah sekitar 20 tahun yang lalu, namun kembali muncul kembali ke permukaan. Tidak memiliki daun, tidak melakukan fotosinstesis, tidak memproduksi makanan sendiri dan juga tidak memiliki daun.

Ghost Orchid dapat tumbuh di bawah tanah selama bertahun-tahun dan hanya berbunga disaat kondisi mendukung. Dikarenakan sulit ditemukan dan sulit untuk dikembangbiakkan, para penggemar Orchid rela menghabiskan waktu sampai bertahun-tahun untuk mencari dan mempelajari dari tanaman langka ini.

4. Jade Vine Atau Tayabak

Tanaman ini sering dikenal dengan nama Jade Vine, Emerald Vine, Turquoise Jade Vine atau nama lokalnya tayabak ini berhabitat di hutan tropis Filipina. Batangnya dapat tumbuh hingga 18 meter panjangnya. Tanaman ini menjadi daya tarik kelelawar karena kilau warnanya yang indah. Sayangnya, semakin seringnya penggundulan hutan di Filipina membuat keberadaan tanaman ini semakin langka dan menuju ke arah kepunahan. Warna bunga dari tanaman ini sangat mirip dengan warna batu mineral seperti turqoise (pirus) dan jade (giok).

5. Bleeding Heart 

Nama latin dari tanaman ini adalah Dicentra Spectabilis atau yang lebih dikenal dengan nama Bleeding Heart Flower, yaitu berarti bunga hati berdarah. Kamu bisa melihat bentuknya yang seperti hati yang utuh dengan warna merah muda pucat, unik dan menawan persis seperti hati merah jambu di kartu-kartu cinta. Sehingga jenis bunga ini disebut bunga Bleeding Heart.

Nah, loh pasti terheran-heran kan kenapa Jepang selalu bisa saja menciptakan berbagai hal berbau aneh meskipun itu adalah tanaman. Jadi nggak heran dong kalau Jepang juga disebut-sebut sebagai negara yang memiliki nalar jauh lebih cerdas dari Indonesia. Oke, sekian dulu artikel hari ini yaa, semoga bermanfaat deh.